RABU , 19 SEPTEMBER 2018

DBD di Lutim Belum Tuntas

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 05 April 2016 16:48

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) sampai saat ini masih belum tuntas. Pasalnya, sampai sekarang ini, masih puluhan pasien DBD berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I Lagaligo masih mendapatkan perawatan inap.

“Untuk Maret 2016, kasus DBD sementara didata dan jelasnya jumlah pasien DBD untuk bulan ini, sekira puluhan mengalami perawatan inap di rumah sakit,” ungkap dr Rosmini Pandin, Direktur RSUD I Lagaligo, Wotu, Selasa (5/4 ).

Rosmini menjelaskan, hingga saat ini pihak rumah sakit masih menangani pasien DBD di RSUD I Lagaligo pada data Januari hingga Februari 2016 jumlah pasien sebanyak 153 kasus DBD.

“Sampai saat ini masih ada yang masuk ke RSUD I Lagaligo akibat DBD. Hanya saja perampungan data DBD untuk Maret 2016 ini baru dilaksanakan pada 10 April nanti,” jelasnya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, dr April, membenarkan masih ada kasus DBD di Luwu Timur. Pihaknya terus melakukan upaya pencegahan lewat upaya yang dilakukan pihak Puskesmas masing-masing. Ia juga sudah meminta puskesmas cepat melaporkan jika ada warga yang sudah terindikasi DBD. Selanjutnya, akan dilakukan tindakan pencegahan

“Saya sudah sampaikan, jika ada warga yang terserang DBD, harus dilakukan fogging secepatnya,” ujar April

Ia menghimbau, tingginya curah huja. di Lutim saat ini membuat nyamuk DBD gampang berkembang biak.olehnya itu satu satunya cara untuk menangkal DBD warga harus aktif menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

” Semua wadah yang gampang menampung air hujan harus di bakar atau ditanam. Cara ini efektif dalam memberantas sarang nyamuk DBD,” imbauhnya. (***)


div>