SABTU , 20 OKTOBER 2018

Debarkasi Dimulai Hari Ini, PPIH harus Pastikan Kepulangan Jemaah Haji Lancar

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 29 September 2015 09:36
RAKYATSULSEL.COM – Tim Pengawas Haji DPR RI meminta PPIH daker (daerah kerja) Mekkah dan Madinah untuk mempersiapkan secara baik rencana kepulangan jamaah haji ke Indonesia, yang dimulai hari ini, Selasa (29/9).
Persiapan itu, menurut Wakil Ketua Pengawas Haji DPR RI Saleh P. Daulay, sangat pentong mengingat kepadatan dan kesibukan di bandara Jeddah dan Madinah yang semakin meningkat dalam beberapa hari ke depan. Salah satu yang perlu diperhatikan, kata Saleh, adalah agar tidak terjadi delay penerbangan, karena sangat mengganggu kenyamanan jamaah haji.
“Kemarin, di Jeddah ada penerbangan menuju Jakarta yang delay sampai 10 jam. Hal seperti ini tentu tidak mesti terjadi jika dilakukan antisipasi sejak awal,” ungkap Saleh (Selasa, 29/9) dalam pesan singkatnya.
Tahun lalu, keterlambatan dan penundaan penerbangan juga terjadi, yang mengakibatkan penumpukan jamaah. Waktu itu, keterlambatan dikarenakan adanya satu sektor bandara yang tidak bisa dimasuki jamaah.
“PPIH sebaiknya segera menghubungi otoritas bandara, agar jamaah haji Indonesia diberikan satu pintu khusus. Dengan begitu, proses boarding jemaah bisa lebih cepat dilakukan,” ucap Ketua Komisi VIII DPR ini.
Selain itu, keterlambatan juga sering terjadi di imigrasi. Untuk mengantisipasi hal itu, PPIH bisa menempatkan petugas-petugasnya untuk membantu dan mendampingi para jamaah.
“Jamaah kita banyak yang tidak bisa berbahasa Arab. Banyak juga yang baru pertama berangkat ke luar negeri. Karena itu, perlu didampingi agar mereka mudah melalui proses screening di imigrasi,” kata Saleh.

div>