SENIN , 22 OKTOBER 2018

Debat Kandidat, KPU Gowa Batasi Kemerdekaan Awak Media

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 13 September 2015 17:11

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, debat calon bupati dan wakil bupati Gowa,di hotel Grand Asia, Jalan Boulevard Makassar.

Dalam tahapan debat kandidat terbut, Pihak penyelenggara KPU Gowa, hanya menyiapkan 11 ID card untuk semua awak media termasuk media elektronik dan media cetak yang ada di Kota Makassar dan Kab Gowa.

Kebijakan ini seakan-akan membatasi kemerdekaan awak media yang hendak melakukan peliputan.

Terkait pembatasan itu, argumen yang dilontarkan komisioner KPU Gowa Muktar Muis, mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banyak media.

Argumentasi komisioner KPU Gowa ini membuat sebagian awak media menyesalkan pernyataan tersebut. “Ini seaka-akan kemerdekaan media dibatasi, massa media hanya disiapkan 11 Eid Card, sementara banyaknya media di Sulsel yang hadir di Hotel Grand Asia,” kata salah seorang wartawan cetak, yang hadir di arena debat tersebut.

Sebelumnya, Komisioner KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, jumlah ID Card yang disiapkan untuk media terbatas.

“Takutnya kalau di setiap media banyak sekali yang datang. Jadi dari divisi hukum disiapkan satu saja untuk setiap media. Nanti bisa gantian masuk,” katanya di lokasi debat tersebut.

Sekedar diketahui, Kabupaten Gowa menjadi daerah pertama yang menggelar debat kandidat pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di 11 pilkada serentak Provinsi Sulsel tahun 2015. Debat ini disiarkan langsung oleh TV nasional TVRI Sulsel.


div>