MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Debat Kandidat Pilwalkot Makassar Mulai 16 Maret

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 10 Maret 2018 13:00
Debat Kandidat Pilwalkot Makassar Mulai 16 Maret

PILWALKOT MAKASSAR 2018. Dok . RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, telah menetapkan jadwal debat kandidat pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar periode 2018-2023.
Ketua KPU Kota Makassar, Syarif Amir mengungkapkan, sesuai jadwal yang telah disusun KPU, debat kandidat dua paslon akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret di Hotel Clarion Makassar, Jalan AP Pettarani.

“Jadwal KPU sudah siap, tahap pertama debat kandidat Pilwalkot Makassar akan digelar tanggal 16 Maret di Hotel Clarion,” ujarnya, Jumat (9/3) kemarin.

Ia menjelaskan, pelaksanaan debat kandidat yang diikuti oleh dua paslon akan berlangsung malam hari. Dia beralasan, dilaksanakan debat di malam hari untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Tak hanya itu, Syarif menuturkan terkait jumlah massa dukungan serta tim yang akan masuk di ruangan debat akan dibatasi, namun akan dibahas bersama tim LO kandidat. “Untuk menghindari hal lain, debat kandidat digelar malam hari,” tuturnya.

Syarif menyebutkan, pelaksanaan debat antar pasangan calon wali kota dan wakil wali kota akan berlangsung selama tiga kali.

“Rencana debat kandidat 3 kali, tapi yang ke 2 dan ke 3 belum diputuskan. Tapi kemungkinan akan berlangsung pada bulan April dan Mei. Mengingat, saat ini belum ada jadwal pasti debat tahapan berikutnya,” jelasnya.

Ia juga mengaku jika telah memperoleh nama-nama calon panelis dan moderator debat itu. Para penalis yang hadir berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda.

Adapun penalis yang disiapkan antara lain, Prof Muin Fahmal (Guru besar FH UMI), Dr Ramli AT (Sosiolog Perkotaan Unhas), Ir. Lambang Basri MT (Ahli Transportasi) dan Moderator, Dr Iklbal Sultan (Ka Dep Ilmu Komunikasi Unhas).

“Untuk tema debat nanti hari Senin diputuskan. Yang jelas topik berkaitan dengan pemerintahan, layanan publik, infrastruktur, transportasi dan sosial perekonomian perkotaan,” ugnkap Syarif Amir.
rencananya, debat akan disiarkan langsung stasiun televisi lokal dan nasional.

Pakar Politik Unhas Makassar, Adi Suryadi Culla mengingatkan kepada penyelenggara tetap memperhatikan keamanan agar kegiatan berjalan efektif dan efesien. “Penyelenggara dalam hal ini KPU harus mengantisipasi sejak dini,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap debat kandidat selalu terjadi gesekan antara pendukung. Hal ini harus mendapat perhatian khusus. “Hal ini tak bisa diabaikan,” pungkasnya. (*)


div>