SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Deklarasi dan Pelantikan Pengurus PPI Kaohsiung

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 27 April 2016 10:35
Deklarasi dan Pelantikan Pengurus PPI Kaohsiung

int

CITIZEN REPORTER – Bertempat di aula Mesjid Kaohsiung-Taiwan, dilaksanakan pelantikan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kaohsiung periode pertama (2016-2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus PPI Kaohsiung, Pengurus PPI Taiwan, perwakilan dari PPI kota Pingtung dan Yunlin, serta pengurus IWAMIT. Pengambilan sumpah jabatan pengurus PPI Kaohsiung oleh saudara Pitut Pramuji Ketua Umum PPI Taiwan.

Kegiatan ini telah diawali deklarasi PPI Kaohsiung pada tanggal 15 April 2016.
Proses lahirnya PPI Kaohsiung
Pembentukan PPI Kaohsiung telah digagas sejak tahun 2014, saat itu beberapa mahasiswa ingin menyampaikan aspirasi perihal beasiswa kepada Dikti dan dibutuhkan satu orang perwakilan untuk wilayah kota Kaohsiung, memberikan amanah saudara Arif Wahyudiono sebagai koordinator. Di akhir tahun 2015, dalam sebuah kegiatan pengajian dan rapat mahasiswa NKUAS, peserta rapat memberikan kepercayaan kepada saudara Ayub Anggadireja sebagai formatur untuk pembentukan organisasi ini. Namun upaya pembentukannya belum bisa terealisasi, disebabkan beberapa hambatan dalam prosesnya.

Salah satunya kendalanya mengumpulkan teman-teman mahasiswa dari berbagai kampus di Setelah pelantikan PPI Taiwan bulan Maret 2016, Pengurus PPI Taiwan yang merupakan perwakilan dari kota Kaohsiung Muhammad Farid (Wakil Ketua), Ayub Angga diredja (Divisi Humas, media, dan Publikasi), dan Nelly Pasaribu (Divisi Pengabdian masyarakat) melakukan koordinasi dengan inisiator sebelumnya Arif Wahyudiono, Ayub anggadireja, dan beberapa mahasiswa lainnya di empat kampus.

Koordinasi terus dilakukan antara saudara Muhammad Farid dengan Ketua Umum PPI Taiwan tentang mekanisme pembentukan PPI wilayah atau kota. Intensitas koordinasi tersebut akhirnya membuahkan hasil dengan terbentuknya panitia pelaksana Musyawarah Inisiasi Pembentukan PPI Kaohsiung terdiri dari Ahmad Rijal, Rimia Midiayanti, dan Fatimatus Zahro Fazda Oktavia dibawah koordinasi Pengurus PPI Taiwan. Persiapan yang relatif singkat dengan menghubungi teman-teman dari empat kampus: National Kaohsiung University of Applied Sciences (NKUAS), National First University of Science and Technology (NKFUST), Kaohsiung Medical University (KMU), dan National Sun Yat-sen University (NSYSU). Selanjutnya menyepakati waktu dan tempat pelaksanaan musyawarah perdana sekaligus persiapan deklarasi.

Deklarasi PPI Kaohsiung
Hari Jum’at, tanggal 15 April 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi mahasiswa Indonesia di Kota Kaohsiung. Bertempat di kampus NKUAS, dihadiri 23 orang mahasiswa yang berasal dari 4 kampus mendeklarasikan pembentukan PPI Kaohsiung. Adapun poin-poin yang dihasilkan antara lain: 1) deklarasi pembentukan PPI Kaohsiung, 2) memilih dan menetapkan saudara Sujito sebagai ketua Umum Pertama PPI Kaohsiung, 3) memilih steering committee: Yusuf Dewantoro Herlambang (NKUAS), Kahlil (NSYSU), Wawan Purwanto (NKFUST), dan Nelly Pasaribu (KMU) untuk mempersiapkan draft anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) serta 4) merekomendasikan Ketua Umum terpilih untuk menyusun kepengurusan dan pelantikan paling lambat 2 minggu.

Pelantikan Pengurus dan Program kerja Perdana PPI Kaohsiung
Berselang 9 hari pasca deklarasi, tepatnya hari Minggu tanggal 24 April bertempat di aula Mesjid Kaohsiung diadakan Musyawarah Anggota untuk membahas AD dan ART, dilanjutkan pelantikan Pengurus PPI Kaohsiung Periode 2016-2017. Sesuai dengan AD-ART, pengurus PPI Kaohsiung terdiri dari Dewan Penasehat, Dewan Pengawas, dan Dewan Pengurus. Masing-masing dewan merupakan keterwakilan mahasiswa Indonesia yang terdapat di empat kampus kota Kaohsiung.

Acara pelantikan diawali laporan ketua panitia Arif Wahyudiono, dilanjutkan prosesi pelantikan dipimpin Ketua Umum PPI Taiwan. Setelah itu kata sambutan Ketua PPI Kaohsiung, dalam sambutannya Sujito mengharapkan komitmen pengurus dan anggota PPI Kaohsiung untuk membangun kebersamaan, menjaga nama baik dan mengharumkan Indonesia di Taiwan. Berikutnya sambutan Ketua Umum PPI Taiwan, Pitut Pramuji mengungkapkan tujuan, visi, dan misi PPI Taiwan periode 2015-2016. Selain itu, berharap sinergitas antara PPI Kaohsiung dan PPI Taiwan dalam memberikan konstribusi terhadap bangsa dan negara.

Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan program kerja perdana yaitu Workshop Jurnalistik Multimedia yang merupakan kerjasama PPI Kaohsiung dengan GWO, PPI Taiwan, dan PPI Yunlin dengan menghadirkan narasumber Adrian Zakhary (News Producer Net TV). Peserta berasal dari pelajar, mahasiswa, dan BMI yang berasal dari Kota Kaohsiung, Pingtung, Yunlin, dan Taipei. Kegiatan ini berlangsung dua sesi penyampaian teori di aula dan praktek langsung bertempat di kawasan central park. Kegiatan diakhiri dengan evaluasi dan pemberian hadiah bagi peserta terbaik.

Penulis: Muhammad Farid (Ph.D Student NKUAS, Wakil Ketua PPI Taiwan)


div>