RABU , 21 NOVEMBER 2018

Delegasi Taiwan Jajaki Kerjasama Dengan Pemkot Makassar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 14 Agustus 2017 19:20
Delegasi Taiwan Jajaki Kerjasama Dengan Pemkot Makassar

Suasana pertemuan Pemkot Makassar dengan delegasi Taiwan.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebagai kota yang memiliki segudang penghargaan, Kota Makassar memang memiliki magnet tersendiri. Hal inilah yang membuat Pemerintah Taiwan (Republik Tiongkok) berkeinginan untuk menjajaki kerja sama dengan Kota Makassar.

Keinginan untuk menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar tersebut disampaikan langsung Direktur Jendral Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan, Jeffry, saat berkunjung ke Kantor Balaikota Makassar, Senin (14/8).

Jeffry mengatakan, delegasi yang berkunjung ke Kota Makassar sangat ingin menjalin kerjasama antara Pemerintah Kota Makassar dan Taiwan, apalagi beberapa kota di Taiwan sangat mirip dengan kondisi georafis kota Makassar yang potensi perikanan dan kelautan hampir sama

“Beberapa kota di Taiwan mempunyai banyak kesamaan dengan Kota Makassar, apalagi di bidang perikanan dan kelautan, sehingga Taiwan berkeinginan melakukan kerjasama,” ucapnya.

Rombongan delegasi Taiwan yang berjumlah 13 orang tersebut diterima langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kota Makassar, Baso Amiruddin, di ruang Sipakalebbi, Kantor Balaikota Makassar.

Dalam pemaparannya dihadapan delegasi Taiwan, Baso Amiruddin, menjelaskan berbagai inovasi pemerintah Kota Makassar khususnya mengenai program Smart City seperti instrument standart keamanan perkotaan yang modern, berupa CCTV yang terintegrasi dengan War Room yang ada di Balaikota dan Polrestabes Makassar, kualitas layanan publik, khususnya layanan medis 1 x 24 jam dengan dukungan armada Dottoro ta secara gratis, melalui nomor panggilan darurat 112 yang juga terkoneksi dengan Call Center War Room.

Baso Amiruddin juga membeberkan keberadaan industri pengolahan usaha kecil dan menengah dengan program potensial yqng disebut dengan Badan Usaha Lorong (BULo) dengan meningkatkan nilai produk ekonomi rumah tangga dengan program unggulan Komunitas Lorong.

[NEXT-RASUL]

“Untuk mendukung ekonomi kerakyatan tersebut, tim ahli kami akan membangun sebuah pertanian kota yang tersebar luas dan membangun sebuah teknologi pengolahan, sehingga Makassar bisa memainkan peran strategis dan penting dalam pengembangan industri ekonomi dunia,” jelasnya.

Sementara, ketua rombongan Delegasi Taiwan, Liu Shyh Fang, juga menyampaikan harapannya terkait kunjungannya ke Kota Makassar kali dapat meningkatkan hubungan kerjasama antara keduanya, khususnya kerjasama dibidang perdagangan, pendidikan dan kebudayaan

“Tentunya dengan adanya kerjasama di bidang industri perdagangan, keduanya bisa saling menguntungkan sehingga berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi kedua pemerintah,” ujarnya

Liu Shyh Fang, juga memastikan akan ikut berpartisipasi dalam event Internasional Makassar F8 yang akan digelar September mendatang

“Pemerintah kami telah siap hadir pada even F8 nanti dan pada di even tersebut kami juga sekaligus berencana melakukan penandatangan perjanjian kerjasama bersama Pemerintah Kota Makassar,” tandasnya.


div>