SELASA , 11 DESEMBER 2018

Demokrat – Gerindra Penentu Bagi Agus – Aliyah

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 07 September 2017 12:15
Demokrat – Gerindra Penentu Bagi Agus – Aliyah

Agus AN - Aliyah Mustika. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rekomendasi dari Partai Demokrat dan Gerindra merupakan penentu bagi pasangan Agus Arifin Nu’mang – Aliyah Mustika Ilham, untuk melenggang mulus ke Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang. Jika dua parpol ini lepas dari Agus-Aliyah, maka hampir pasti kansnya maju di pilgub akan tertutup.

Konsultan Politik Jaringan Suara Indonesia (JSI), Arif Saleh, menuturkan, kans Agus-Aliyah maju di pilgub sangat ditentukan oleh tambahan parpol yang masih tersisa, terutama Gerindra dan Demokrat. Kalau dua parpol ini lepas dari Agus-Aliyah, maka hampir pasti kansnya maju di pilgub akan tertutup.

“Kenapa? Karena parpol lain, kecenderungannya ke tiga kandidat lain,” papar Arif.

Meski demikian, Arif menilai, jika Agus mulai berani “mematenkan” Aliyah sebagai pendampingnya, bisa jadi didasari karena sudah mendapat sinyal dari partai tersebut yang sama-sama punya sebelas kursi di DPRD Sulsel. Soal perpaduan duet ini, Arif menganggap bila keduanya merupakan perpaduan yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh para rivalnya. Mengingat, baik Agus maupun Aliyah punya kantong suara yang bisa dimaksimalkan.

“Hanya memang, kekuatan keduanya di momentum politik sebelumnya bakal terpolarisasi. Sebab Agus yang akan mengandalkan basis suara Sayang di Pilgub 2008 dan 2013 sulit terwujud, karena Ichsan Yasin Limpo juga punya pengaruh signifikan di basis Sayang,” jelas Arif.

Begitu juga Aliyah, diyakini tidak akan semudah mendapatkan dukungan dari pendukung Ilham-Aziz di Pilgub 2013, kendati mencoba “bernostalgia” dengan tagline “Semangat Baru”. Ditambah lagi, Aziz yang menjadi pasangan Ilham di pilgub sebelumnya, lebih memilih mendampingi Nurdin Halid.

Sementara itu, Pakar Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Prianto, mengatakan, Agus-Aliyah hanya harus memastikan syarat dukungan partai politik pengusung saja. Terutama dari Partai Gerindra dan Partai Demokrat secara sah dan tanpa prasyarat tambahan.


div>