SENIN , 18 DESEMBER 2017

Demokrat ke IYL-Cakka, Kandidat Lain Patut Was-was

Reporter:

Iskanto

Editor:

asharabdullah

Kamis , 02 November 2017 16:24
Demokrat ke IYL-Cakka, Kandidat Lain Patut Was-was

Ichsan Yasin Limpo (IYL) dan Andi Mudzakkar (Cakka).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Keputusan DPP Partai Demokrat untuk berada di barisan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menjadi kabar buruk bagi kandidat Gubernur lainnya.

Pakar Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Andi Luhur Prianto menuturkan hal itu menjadi kabar buruk bagi lawan politik IYL-Cakka yang selama ini mencoba menggembosi pasangan ini untuk maju. Karena memang, tidak dipungkiri selama ini ada saja kandidat yang mencoba melakukan ‘begal’ partai politik.

“Meskipun status surat tugas itu bukan syarat pendaftaran, tetapi setidaknya sudah ada komitmen yang terbangun antara Demokrat dan IYL, mungkin hanya perlu melengkapi syarat tertentu saja,” tutur Luhur.

Luhur menjelaskan, kekuatan yang dimiliki pasangan ini (IYL-Cakka) memang patut diperhitungkan pada ajang kontestasi politik lima tahunan ini. Hal itu merujuk pada bergaining yang dilakukan dan berhasil meluluhkan demokrat untuk bergabung bersama di gerbong koalisinya.

“Sejak IYL menerobos dan menikmati short-cut dari mekanisme penjaringan yang di bangun DPW Demokrat Sulsel, sejak itu pula kelihatan bargaining yang tinggi dari IYL di banding kandidat lainnya,” terang Luhur. (*)


div>