SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Demokrat Penentu Arah Koalisi Pilgub

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 27 September 2017 10:48
Demokrat Penentu Arah Koalisi Pilgub

Doc.RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pilihan politik Partai Demokrat di Pilgub Sulsel sangat dinantikan publik. Dua pilihan di pelupuk mata; masuk dalam deretan parpol yang ikut diborong oleh koalisi yang sudah terbangun atau menghadirkan kekuatan penyeimbang bersama parpol-parpol lainnya.

Tapi apapun sikap Partai Demokrat nantinya, hampir dipastikan akan sangat memengaruhi pemetaan kongsi politik di Pilgub Sulsel. Sebab selain memiliki modal sebelas kursi, keanggotaan di DPRD Sulsel atau sekira 12 persen suara, parpol berlambang mercy ini memiliki jaringan struktur kader yang solid hingga target pemenangan di sejumlah pilkada kabupaten/kota.

Hampir semua kandidat calon Gubernur Sulsel bersaing berebut mandat dukungan Partai Demokrat. Proses penjaringan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang berlangsung terbuka dan demokratis, menjadikan parpol ini dipersepsikan sebagai yang paling sehat dalam melangsungkan tahapan seleksi penentuan kandidat calon Gubernur Sulsel.

Pelaksanaan Pilgub yang bersamaan dengan 12 pilkada kabupaten/kota boleh menjadi pertimbangan lain Partai Demokrat dalam menentukan arah koalisi. Terlebih karena beberapa kader parpol besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, memiliki peluang menang di sejumlah pilkada. Diantaranya di Pilkada Sinjai, Pinrang, Luwu, Jeneponto, Makassar, serta Pilkada Kota Parepare.
Di Makassar, ada dua kader internal Demokrat yang berpotensi menang jika bertarung di pilwalkot. Yakni Adi Rasyid Ali dan Syamsu Rizal. Di Sinjai, ada Sabirin Yahya, AM Irwan Patawari, dan Muh Nasyit Umar. Di Kota Parepare, juga ada tiga kader potensial, masing-masing Tasming Hamid, Rahmat Sjamsu Alam, dan Yamin Aslam Tjanring.

Sementara di Pinrang dan Jeneponto, masing-masing adalah  Andi Irwan Hamid dan Muh Kasmin Makkamula. Sedangkan di Luwu, Amru Saher dan Syukur Bijak merupakan kader yang juga memiliki potensi menang.

Simposium quo vadis Sulsel direncanakan dilangsungkan Partai Demokrat di Hotel Fourpoint Makassar, hari ini, Rabu (27/9). Menurut Ketua Bappilu Partai Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle, kegiatan tersebut disuguhkan untuk menggali visi-misi dan program terbaik para kandidat Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam memajukan Sulsel ke depan.


div>