JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Deng Ical Paparkan Program SIKAMASE’TA di Rakor Pengentasan Kemiskinan Pemprov Sulsel

Reporter:

Editor:

Muhammad Alief

Kamis , 26 Juli 2018 16:37
Deng Ical Paparkan Program SIKAMASE’TA di Rakor Pengentasan Kemiskinan Pemprov Sulsel

Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal, MI, memaparkan program SIKAMASE'TA dalam Rakor penanggulangan kemiskinan yang gelar Pemprov Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Walikota Makassar, Dr Syamsu Rizal, MI, selaku ketua tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kota Makassar, dalam rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Pemprov Sulsel, memaparkan tentang pemanfaatan Basis Data Terpadu (BDT) melalui program SIKAMASE’TA guna menanggulangi kemiskinan agar tepat sasaran, Kamis (26/7).

Program SIKAMASE’TA adalah sistem Informasi Kepedulian Masyarakat Miskin Elektronik Data, sebagai salah satu solusi bagi kota Makassar untuk menyelesaikan beberapa masalah penanggulangan kemiskinan yang ditemui di beberapa kabupaten Kota, khususnya terkait data yang kurang akurat.

“SIKAMASE’TA adalah program yang memastikan semua orang miskin dan hampir miskin terdata dengan benar,┬áby name, by address, by picture. Sehingga data lebih akurat,” ujar Deng Ical.

Beberapa kendala yang masih ditemui dibeberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, yakni masih sulitnya mendapatkan data yang akurat dan terbaru, sehingga dengan adanya program aplikasi SIKAMASE’TA, dapat menyajikan data yang teraktual dan sesuai dengan fakta dilapangan karena dibarengi dengan foto kondisi rumah dan lingkungan sekitar, serta titik lokasi.

Dalam pemaparan tersebut, Deng Ical juga memutarkan video penggunaan aplikasi program SIKAMASE’Ta, mulai dari saat tim Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) turun kelapangan untuk melakukan pendataan, pengambilan gambar, hingga proses penginputan data.

Dalam rapat tersebut, yang dibuka secara langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono, juga dihadiri langsung oleh Kementerian PPN/Bappenas RI, Sidik Permana, Kadis Sosial Sulsel, Dr H Ilham A Gazaling MSI, dan perwakilan pimpinan kabupaten/kota se Sulsel.(*)


div>