Desa Jombe Terima Bantuan Desa Mandiri Pangan | Rakyat Sulsel
  • Sabtu, 25 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Desa Jombe Terima Bantuan Desa Mandiri Pangan

Sabtu , 09 Juni 2012 19:07
Total Pembaca : 390 Views

Baca juga

RAKYAT SULSEL – Desa Jombe mendapatkan dana segar Bantuan Sosial (Bansos) dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3), Kabupaten Jeneponto, hal ini terkait program Desa Mandiri Pangan yang menjadi program pemerintah.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Jeneponto, Ir. Alamsyah, M.AP mengatakan, pelaksanakan kegiatan ini sesuai dengan rencana usaha bersama dana kelompok yang dikelola oleh Lembaga Keuangan Desa (LKD) dan bantuan ini bersumber dari APBD.

“Untuk Program aksi Desa Mandiri Pangan (Demapan) dengan jumlah dana yang akan dicairkan Rp 100 juta kepada lima kelompok afinitas di Desa Jombe yang akan digunakan untuk meningkatkan usaha produktivitas masyarakat di desa ini,” jelas Alamsyah.

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan kelompok, sehingga kelompok dapat lebih diperluas. Setiap kelompok  apinitas disetiap Desa, harus memiliki rekening sendiri agar dana tersebut langsung di transfer ke rekening kelompok.

Kepala Desa Jombe, Baso Padewakkang, mengharapkan dengan adanya Bansos ini, itu bisa membuat kelompok yang ada jadi lebih produktif, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa ini.

“Kelompok juga harus tahu, jika dana itu adalah dana bergulir. Jangan hanya tahu menerima tetapi harus juga ada pengembalian,” terang Baso.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Jombe Drs. Baso Padewakkang, Tokoh Masyarakat, Pengurus Kelompok Tani  Pangan Desa (TPA) dan Lembaga Keuangan Desa (LKD). (K3/dj/C)