MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Desainer Decy Ramona Angkat Motif Toraja ke Ajang Internasional

Reporter:

Nhera

Editor:

Lukman

Selasa , 13 Maret 2018 18:40
Desainer Decy Ramona Angkat Motif Toraja ke Ajang Internasional

Desainer asal Makassar Decy Ramona saat memperlihatkan hasil karyanya.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Terinspirasi dari indahnya alam yang berada di sekitar daerah Sulawesi Selatan (Sulsel), desainer asal Makassar Decy Ramona akan membawa desain barunya dengan motif Pa’Lumu Toraja ke ajang internasional yakni Arab Fashion Week (AFW 2018) di Dubai dan PFW 2018 di Paris.

Designer Decy Ramona mengatakan, dari awal karirnya di dunia desainer sudah mulai mengangkat motif Toraja. Memilih sesuatu yang unik yang belum ada ataupun masih sedikit di luar.

“Sehingga saya dapat memperkenalkan ke dunia luar bahwa indonesia sangat beraneka ragam mulai dari motif simbol yang dijadikan batik oleh desainer. AFW di Dubai akan digelar 5-7 April mendatang, dan PFW akan digelar di Perancis 29-30 September 2018,” ungkapnya, Selasa (13/3).

Begitu banyaknya persaingan batik disetiap wilayah, khususnya daerah Sulsel, namun masih sedikit yang menyentuh kain proses tenun. Hingga akhirnya dia mencoba sesuatu yang baru memberikan sentuhan yang lebih menarik dengan harga yang relatif lebih murah.

“Proses dari ide sampai design adalah menjadi inovasi yang lebih berkelas. Saya mengangkat motif-motif dari Sulsel seperti Toraja Tongkonan, Barreallo, manu’ Pak londong, Bugis Lontara, Bugis Ballarate. Maros Bantimurung, dan Masih banyak lagi karya karya yang sudah di publikasikan,” jelasnya.

Motif yg terbaru adalah motif Pa’Tedong Barreallo Toraja yang disatukan dalam nuansa lebih Ethnic. Motif yang berkelas cocok untuk semua usia.

“Kami mencoba memberikan sentuhan yang lebih menarik dengan harga yang reasonable, dengan menggunakan bahan micro, chiffon, Saten, katun poly, dan Balotelli,” jelasnya.

Decy Ramona sendiri sudah malang melintang di beberapa dunia perfilman, dimana salah satu film yang pernah di bintangi yakni Halfword di HBO Asia. Dengan segala kesibukannya dia tetap harus memilih. Akhirnya dia lebih fokus menjadi seorang desainer.

Beberapa Event dan show yang sudah pernah diikuti adalah yakni FW 2016 & 2017. Heritage of Indonesia di Amsterdam 2015 & 2016. Fashion world Tokyo 2016. Beauty of Celebes di Makassar, Bajafash di Batam 2017 dan 2018. Indonesia Couture di Milan 2017 dan New York Fashion Week Manhattan 2017 dan beberapa event-event lainnya. (*)


div>