SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Desus 88 Kembali Tangkap Teroris di Batam

Reporter:

Editor:

dedi

Rabu , 21 Desember 2016 22:20
Desus 88 Kembali Tangkap Teroris di Batam

Ilustrasi

BATAM, RAKYATSULSEL.COM – Bermodalkan keterangan dari Safei Lubis alias S, terduga teroris yang ditangkap di Deli Serdang, Sumatera Utara, Densus 88 kembali melakukan penangkapan. Kali ini adalah HA alias Abisya, warga kelahiran Palembang‎.

Dia ditangkap sore tadi, pukul 16.30 WIB di Sagulung Bahagia Blok N/3 RT 003 RW 008 Kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Sagulung, Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Perannya yakni melakukan amaliyah dan rekrut WNI yang hendak ke Suriah, di mana peristiwa terjadi 6 Agustus 2015 lalu.

“Yang bersangkutan dilakukan proses penegakan hukum karena menjadi DPO Densus 88. Dia bagian dari kelompok KGR akan dijerat pasal rencana amaliyah, perekrutan dan menyembunyikan orang asing yang adalah teroris juga,” ujar Kabag Penum Humas Polri, Kombes Martinus Simtompul ‎di Mabes Polri, Rabu (21/12).

Martinus menambahkan besok pagi, Kamis (22/11) HA akan dibawa ke Jakarta untuk diperiksa lanjutan oleh Densus 88.

“Jadi total hari ini yang ditangkap Tangerang empat, Payakumbu satu, Deli Serdang satu dan Batam satu.‎ Total ada tujuh yang diamankan, dengan rician tiga tewas dan empat lainnya hidup,” tambah Martinus.

Berikut data lengkap keterlibatan terduga teroris H di kelompok KGR :

a. Bergabung dalam kelompok Katibah Gonggong Rebus (KGR) pimpinan Gigih Rahmat Dewa, bersama-sama merencanakan kegiatan amaliyah (tindak pidana terorisme) dibawah kendali Bahrunnaim Anggih Tamtomo.

b. Bersama-sama dengan anggota KGR lainnya memfasilitasi 2 (dua) WNA Republik Rakyat Tiongkok (RRT) etnis Uyghur (Ali @ Faris Kusuma @ Nu Mehmet Abdulah Cuma dan Doni Sanjaya @ Muhamad @ Halide Tuerxun) yang termasuk dalam jaringan teroris the East Turkestan Islamic Movement masuk ke Indonesia secara ilegal dan menyembunyikan keberadaannya selama di Batam

c. Mengetahui dan ikut serta dalam menjalankan/mengelola Rafiqa Travel milik Rafiqa Hanum (Istri BN) dan BAHRUNNAIM alias Abu Aisyah

d. Mengikuti baiat pada ISIS bersama-sama anggota kelompok KGR pada bulan Agustus 2015 di Sungai Ladi, Batam

e. Memiliki peran sebagai pengrekrut orang yang akan bergabung dalam kelompok KGR. (elf/JPG/rol)


div>