SELASA , 16 OKTOBER 2018

Dewan Akan Panggil Paksa Pengelola Makassar Mall Jika PT MTIR Tidak Hadir

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 10 Februari 2016 16:56

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – DPRD Kota Makassar akan memanggil paksa Komisaris Utama PT Melati Tunggal Inti Raya, Jhon Tidore, jika tidak hadir pada rapat dengar pendapat (RDP) yang di rencanakan dilaksanakan pekan depan.

Rencana pemanggilan Komisaris Utama PT MTIR ini disepakati setelah ratusan pedagang pasar Sentral yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Makassar Mall (APMM) mendatangi gedung DPRD Kota Makassar yang menolak kebijakan pengelola Makassar Mall, PT Melati Tunggal Inti Raya yang dinilai telah mengintimidasi pedagang.

Anggota Komisi B asal Fraksi Demokrat, Basdir mengatakan, pemanggilan paksa ini bisa saja dilakukan jika kemudian yang bersangkutan dianggap tidak mengindahkan undangan DPRD.

“Kalau kita undang kemudian tetap tidak hadir, maka saya akan meminta DPRD sebagai institusi menggunakan kewenangannya melakukan pemanggilan paksa,” ucap Basdir, Rabu (10/2).

Menurut dia, permasalahan yang terjadi di Makassar Mall itu bukan hal baru akan tetapi ini sudah berlarut larut tanpa titik penyelesaian. Hal ini disebabkan karena kebijakan pihak pengelola, PT Melati Tunggal Inti Raya tidak sinkron dengan keinginan seluruh pedagang.

“Inilah yang menyebabkan sehingga permasalahannya seperti ini.Kita juga telah lakukan RDP tetapi tetap tidak ada solusi sebab yang mewakili pihak pengelola bukan penentu kebijakan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pedagang Makassar Mall (APMM), HM Sahib mengungkapkan, atas nama pengurus APMM menolak ancaman dan intimidasi surat PT Melati Tunggal Inti Raya yang mengancam akan menghanguskan lembar hasil undian(LHU) pedagang jika dalam waktu satu Minggu tidak segera membayar DP 10%-20% dari harga kios. Pasalnya, kata dia, pembayaran DP tersebut tidak pernah dibahas sebelumnya antara pengurus dengan PT MTIR.

“Kami juga menolak melakukan akat kredit pada Bank yang ditunjuk bekerja sama dengan PT MTIR karena jika hal itu dilakukukan dipastikan akan membayar cicilan kios dibulan berikutnya padahal pembngunan gedung Makassar Mall belum selesai,” jelasnya.

Olehnya itu kata Sahib,atas nama pengurus APMM meminta DPRD Makassar agar segera memanggil pihak PT MTIR untuk ditindak lanjuti rapat dengar pendapat (RDP) agar permasalahan ini dapat terselesaikan.


div>