MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Dewan Dukung Rencana Relokasi PKL Sentral

Reporter:

Alief

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 30 Juni 2018 13:45
Dewan Dukung Rencana Relokasi PKL Sentral

Kantor DPRD Makassar. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Polemik pasar sentral mulai menemukan titik terang sejak Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mulai menjabat kembali. Rencananya, Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Sentral yang selama ini terkatung-katung bakal dipindahkan ke Blok B.

Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan, HM Yunus, mengapresiasi keputusan wali kota Makassar untuk merelokasi PKL Pasar Sentral ke blok B. Rencana tersebut, katanya, bisa menjadi solusi bagi pemerintah agar pembangunan jalan yang ditempati lapak sementara para PKL bisa dilanjutkan.

“Yang jadi masalah di Pasar Sentral selama ini kan adalah PKL yang tidak mau pindah ke New Makassar Mall karena persoalan harga. Kalau mereka (PKL) dibuatkan lods lebih murah, pasti mereka akan pindah. Pembangunan jalan bisa dilanjutkan,” katanya, Jumat (29/6) kemarin.

Meski rencana tersebut didukung, Yunus meminta pemerintah kota Makassar juga memperhatikan pedagang yang telah menempati Makassar New Mall, eks pasar sentral yang dikelola oleh PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR). Ia juga meminta pemerintah kota Makassar berlaku adil kepada semua pedagang yang ada di Pasar Sentral. Relokasi PKL Pasar Sentral ke Blok B dinilai merugikan pedagang pasar yang terlanjur membayar sewa untuk menempati New Makassar Mall.

“Kalau menurut saya, rencana relokasi ke Blok B harus dikaji ulang. Harus dipertimbangkan juga pedagang yang sudah masuk di New Makassar Mall. Mereka sudah bayar mahal, tapi belakangan ada los yang lebih murah. Ini kan tidak adil,” kata legislator Partai Hanura ini, kemarin.

Karena itu, ia mengimbau agar lods yang dibangun di Blok B dibuka secara umum, agar semua pedagang yang terdata dan memegang sertifikat hak bisa menempati lods tersebut. “Dibuka secara umum lah, jangan yang ada diistimewakan,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, memerintahkan agar sisa bangunan Pasar Sentral Makassar blok B dibongkar. Hal itu dilakukan agar pedagang kaki lima (PK5) Pasar Sentral Makassar bisa segera direlokasi, dan pengembalian fungsi jalan di sekitar Makassar New Mall sesegera mungkin.

“Kita harus percepat semuanya. Administrasi dalam minggu ini saya selesaikan di pemerintah kota. Minggu depan, saya mau di sini sudah ada kegiatan. Sisa bangunan harus segera dibongkar,” kata Danny saat mengunjungi area Pasar Sentral blok B, beberapa waktu lalu.

Selain pembersihan lahan dari puing-puing bangunan, Danny juga menginginkan agar kios-kios yang akan digunakan para PK5 bisa secepatnya diselesaikan.

Setidaknya ada sekira 700 kios yang akan dibangun di atas lahan yang bakal menjadi lokasi dagang PK5 untuk sementara waktu itu. “Lokasi dan fasilitas yang kita siapkan untuk PK5 Pasar Sentral saya rasa sudah sangat layak. Ini juga berdasarkan kesepakatan dengan pedagang, jadi jangan diricuhi lagi,” pungkasnya.

Danny menargetkan, relokasi PK5 Pasar Sentral Makassar bisa rampung usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dilaksanakan. (*)


div>