RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Dewan Imbau Pemkot Bentuk Posko Mudik

Reporter:

Alief

Editor:

asharabdullah

Selasa , 05 Juni 2018 12:15
Dewan Imbau Pemkot Bentuk Posko Mudik

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Abdi Asmara

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Untuk menjaga agar arus mudik tahun ini tetap kondusif, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mengimbau pemerintah membentuk posko mudik.

Ketua Komisi A DPRD Makassar, Abdi Asmara mengimbau agar Pemerintah Kota Makassar menyediakan posko mudik. “Nanti akan dirumuskan apa saja fasilitas yang akan diberikan pada posko mudik yang disediakan. Termasuk juga perihal keamanan,” ujarnya, Senin (4/6).

Legislator Partai Demokrat ini menjelaskan, pembentukan posko ini bisa saja meggandeng perusahaan untuk penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam menyediakan sejumlah fasilitas di posko tersebut.

“Misalnya seperti tempat istirahat pemudik, tempat perbaikan kendaraan serta fasilitas lainnya. Hal itu boleh dan bisa dilakukan,” imbuhnya.

Dikatakannya, situasi mudik sangat rentan dimanfaatkan oknum untuk berbuat kejahatan. Apalagi permasalahan teror masih menghantui masyarakat beberapa waktu lalu.

Ia juga memperkirakan jumlah pemudik tahun ini akan meningkat. Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan penduduk dari waktu ke waktu.

“Persiapan mudik ini semua unsur juga seharusnya dilibatkan. Baik Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan hingga sektor swasta. Kita tau, arahan Presiden sangat tegas. Setiap kegiatan keagamaan, apalagi ada kasus teror belakangan harus siaga semua. Mudah-mudahan semua persiapan dapat rampung pada H-7 Idulfitri,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Makassar, Mario Said mengakui bakal membentuk posko mudik di beberapa titik di kota Makassar jelang lebaran.

Ia mengatakan pihaknya tengah aktif menjalin koordinasi dengan berbagai pihak atau Instansi, seperti, PD Terminal, kepolisian dan pemerintah provinsi Sulsel. Ini kata dia, demi melancarkan arus mudik.

“Untuk lebih efektif kita akan membentuk tim gabungan. Ada beberapa posko yang akan kita bentuk dalam memantau setiap perkembangan, seperti posko di terminal dan pelabuhan. Sebanyak 200 personel kami siap diturunkan dan selalu standby mengantisipasi hal-hal yang sifatnya insidentil,” terangnya

Selain itu, kelayakan angkutan mudik lebaran juga merupakan hal penting dalam upaya memberi keamanan dan kenyamanan pemudik.

“Untuk ini kita sudah bahas dalam rapat, kita akan cek dan memastikan setiap kendaraan mudik itu masuk kategori layak. Bukan cuma itu kesehatan supir juga kita periksa, apakah dia mabuk misalnya atau mengkonsumsi narkoba. Ada 5 tim personel disiapkan untuk ini,” sambungnya. (*)


div>