SELASA , 11 DESEMBER 2018

Dewan Minta Bupati Torut Kembalikan Hari Pasar Bolu

Reporter:

Cherly

Editor:

Iskanto

Senin , 17 September 2018 15:28
Dewan Minta Bupati Torut Kembalikan Hari Pasar Bolu

Anggota legislatif Toraja Utara, dari partai Hanura, Agustinus Parrangan

TORAJAUTARA, RAKYATSULSEL.COM – Salah satu kebijakan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan pada awal-awal pemerintahannya yakni mengubah hari pasar menjadi dua kali seminggu. Yakni pada setiap hari Selasa dan Sabtu.

Namun dalam perjalanan kebijakan ini dianggap tidak menguntungkan masyarakat dan pedagang yang ada di Pasar Bolu. Pedagang mengeluh lantaran hari pasar menjadi sepi dan pedangang harus membayar pajak dua kali dalam sepekan.

Menanggapi keluhan pedagang di pasar Bolu salah satu Anggota DPRD Toraja Utara Fraksi Hanura, Agustinus Parrangan meminta bupati untuk kembali meninjauh kebijakan hari pasar. Atau mengembalikan hari pasar seperti semula yakni sekali dalam seminggu.

Agustinus mengaku belum lama ini berkunjung langsung dipasar Bolu, dan dirinya mengaku mendengarkan keluhan langsung dari sejumlah pedagang. Ia mengaku miris mendengarkan curahan hati pedagang sayur maupun pedagang ternak.

Terlebih saat berbincang dengan seorang ibu tua asal tagari yang sampai siang hari pendapatanya hanya 2 ribu rupiah.

“Saya harap bapak bupati mengubah kebijkanya untuk mengembalikan pasar bolu seperti semula yaitu 1 kali dalam 6 hari. Terlebih bagi orang Toraja hari pasar bolu itu suatu kearifan lokal yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia,” kata dia, Senin (17/9).

“Juga dari sisi pendapatan dua kali pasar pun tidak maksimal malah cenderung pedagang mengeluh karena harus membayar pajak 2 kali seminggu,” lanjut Agustinus.


div>