SELASA , 18 DESEMBER 2018

Di Depan Mahasiswa STIE – STIH, Ajiep Padindang Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Reporter:

Lukman

Editor:

Sabtu , 23 September 2017 22:00
Di Depan Mahasiswa STIE – STIH, Ajiep Padindang Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Anggota DPD/MPR RI, Ajiep Padindang saat melakukan sosialisasi pilar kebangsaan di depan mahasiswa STIE - STIH Lamaddukelleng, di Aula Kampus Yayasan Lamadukelleng, Sengkang, Sabtu, 23 September 2017.

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Anggota DPD/MPR RI, Ajiep Padindang melakukan sosialisasi pilar kebangsaan di depan mahasiswa STIE – STIH Lamaddukelleng, di Aula Kampus Yayasan Lamadukelleng, Sengkang, Sabtu, 23 September 2017.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 150 orang peserta dari segment mahasiswa jurusan hukum dan ekonomi. Di depan peserta Ajiep banyak menguraikan tentang pentingnya mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Menurut Ajiep, ke depan tantangan zaman semakin kuat baik internal maupun eksternal. Sehingga harus dipersiapkan mulai dari saat ini. Salah satunya melalui pembentukan karakter Manusia Indonesia berdasarkan kearifan budaya bangsa dan kearifan budaya lokal.

“Pancasila sebagai pondasi dan dasar negara menjadi sangat urgent utk terus disosialisasikan. ditanamkan bahkan diresapkan kedalam pikiran dan sanubari kalangan generasi muda, sebab makin sangat mudah untuk terdegradasi cara pandang, pikir, prilaku dan respon terhadap situasi dan kondisi jalan yang semakin penuh tantangan,” kata Ajiep.

Dirinya menambahkan, eksistensi Pancasila dengan pondasi Negara mulai mendapat tantangan. Dinamika sosial, politik, hukum dan keamanan semakin berkembang dan bergolak akhir-akhir ini.

Misalnya isu tentang ekstrimisme, kebangkitan faham komunis, penegakan hukum yang tumpul ke atas, serta perseteruan antar pejabat dan lembaga negara semakin nampak di depan mata dan dikonsumsi oleh publik dengan mudah.

Sehingga kata Ajiep, hal tersebut terkadang menimbulkan efek yang kurang baik pada masyarakat. Semua hal tersebut yang banyak menjadi sorotan dalam tanya jawab antara peserta dan narasumber pada kegiatan tersebut.

Di akhir kegiatan, Ajiep menekankan kepada mahasiswa untuk kembali banyak membaca tentang Sistem Ketatanegaraan di Indonesia, mulai dari Pancasila, UUD RI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Tamatkan pengetahuan anda tentang pilar kebangsaan agar tidak tersesat pikir dan prilaku dalam merespon isu dan berita yang berkembang di berbagai media,” tandas Ajiep. (*)


div>