SABTU , 20 JANUARI 2018

Di Enrekang IYL Serap Aspirasi Petani Bawang

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 18 Mei 2017 16:52
Di Enrekang IYL Serap Aspirasi Petani Bawang

Ichsan Yasin Limpo (IYL) saat menemui dan berdialog dengan petani bawang di Anggeraja, Enrekang, Kamis (18/5). foto: ist for rakyatsulsel.

ENREKANG, RAKYATSULSEL.COM – Banyak cara yang dilakukan Ichsan Yasin Limpo (IYL) dalam menyerap aspirasi warga. Salah satunya turun langsung menemui dan berdialog dengan petani.

Cara mantan Bupati Gowa dua periode itu, ditunjukkan saat singgah bertatap muka dengan puluhan petani bawang di salah satu rumah warga di Angkeraja, Enrekang, Kamis (18/5).

Tak ada kesan formal yang ditunjukkan tokoh peduli pendidikan dan kemanusiaan ini saat menyerap aspirasi petani. Bahkan, IYL yang singgah sejenak dari perjalanan Tana Toraja ke Makassar, duduk melantai dengan para petani.

Selama sekira 40 menit, Ichsan menanyakan berbagai keluhan para petani, termasuk cara bercocok tanam, maupun pendistribusiaanya setelah di panen.

“Yang mesti ditahu dan dicari sekarang adalah cara pembibitan yang efektif. Ini untuk mengantisipasi jika harga bibit yang setiap saat naik,” kata Ichsan.

Selain itu, Punggawa, julukan untuk IYL, juga menaruh harapan, agar ke depannya sinergitas dengan daerah bisa terus terkoneksi. Seperti daerah yang wilayahnya kecil, seperti Bantaeng fokus menyiapkan lahan untuk memproduksi benih atau bibit.

“Hasil produksi bibit inilah yang disuplai ke daerah-daerah, termasuk ke petani di Enrekang,” harap Ichsan yang di depan petani juga berbagi pengalaman mengenai cara meningkatkan produksi pertanian seperti yang dilakukan saat menjadi Bupati Gowa. (***)


div>