SELASA , 16 OKTOBER 2018

Di F8, Makassar – Georgia Jajaki Kerjasama

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 08 September 2017 10:15
Di F8, Makassar – Georgia Jajaki Kerjasama

PERESMIAN F8. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdan Pomanto membuka secara resmi Makassar International Eight Festival & Forum 2017 (F8), di Anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (6/9) lalu.. QUDRATULLAH/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Makassar International Eight Festival and Forum (F8), turut dihadiri Duta Besar Georgia, Mr Zurab Alekside. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kemudian memanfaatkan kehadiran Duta Besar Georgia tersebut, untuk membicarakan persoalan kerjasama antara Makassar dan Georgia.

Duta Besar Georgia, Mr Zurab Alekside, mengaku baru pertama kali menginjakkan kakinya di Kota Makassar. Melihat pembangunan di daerah ini, iapun berkeinginan bekerjasama dengan Kota Makassar, dalam bentuk link atau pengembangan sistem yang lebih nyata. Baik itu dalam sistem pendidikan, perdagangan, hingga kepariwisataan.

“Kunjungan wisatawan ke Makassar pertahunnya mencapai enam juta orang. Ini melebihi jumlah populasi kami di Georgia,” kata Mr Zurab, saat berkunjung di Rujab Wali Kota Makassar, Kamis (7/9) kemarin.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengungkapkan, Duta Besar Georgia ingin menjadikan Kota Makassar sebagai sister city Georgia. Ia berharap, kerjasama antara Georgia dan Makassar bisa dilakukan, utamanya di sektor pariwisata.

“Makassar memiliki destinasi wisata sebagaimana yang diinginkan Georgia. Begitupun sebaliknya. Hampir semua jenis destinasi wisata ada, mulai dari wisata alam, wisata indoor, hingga wisata ekstrim,” ujarnya.

Sebelumnya, pada pembukaan F8 di Anjungan Pantai Losari, penampilan penyandang disabilitas memukau undangan yang hadir. Kepala Dinas Sosial Makassar, Mukhtar Tahir, mengungkapkan, komunitas penyandang disabilitas adalah satu dari sekian komunitas binaan mereka.

“Pentas penyandang disabilitas di F8 luar biasa. Tampil di atas panggung, melalui pertunjukan bahasa tubuh mampu memukau Wali Kota Makassar, dan tamu undangan yang hadir. Saya merasa terharu,” ujar Utta, sapaan akrab Mukhtar Tahir, Kamis (7/9).
Dalam kesempatan tersebut, para penyandang disabilitas tampil dengan pertunjukan bernyanyi, juga membaca puisi.


div>