JUMAT , 19 JANUARI 2018

Di Mamuju Sudah Berdiri Pusat Pengembangan Kerajinan Rotan

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 19 Januari 2015 21:57

MAMUJU,RAKYATSULSEL.COM – Masyarakat khusunya pengusaha industri kerajinan rotan di  Sulawesi Barat (Sulbar) yang ingin meningkatkan kualitas hasil usahanya, tak perlu jauh-jauh keluar daerah untuk mendapatkan pelatihan. Saat ini di Mamuju, telah berdiri Pusat Pengembangan Kerajinan Rotan (PPKR).

Kepala dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menegah (Koperindag dan UKM) Asir Mangopo mengatakan, gedung PPKR tersebut, berlokasi di Kecamatan Kalukku kabupaten Mamuju dan saat ini masih ditangani langsung oleh pemerintah pusat dibawa naungan Direktoran Jenderal Perindustrian dan Perdagangan.

“Tapi operasionalnya bekerja sama dengan kita. Mengapa di tempatkan di Mamuju karena potensi rotan terbesar, ada di daerah ini,” kata Asir di Mamuju Senin (19/1).

Asir menjelaskan, meski Mamuju merupakan daerah dengan potensi rotan terbesar, namun pengrajin rotan yang ada saat ini, juga banyak tersebar diseluruh kabupaten di Sulbar.

Oleh karena itu, kata Asir, penguusaha-pengusaha kerajinan rotan dari seluruh kabupaten, yang ingin belajar, akan didatangkan ke Mamuju untuk dilatih oleh para ahli-ahli kerajinan kerja sama dengan Pusat Industri Rotan Nasional.

“Sudah berjalan. Hasil-hasi kerajinan rotan sudah ada disana. Mereka yang memiliki usaha kerajinan rotan dan ingin meningkatkan daya saing hasil usahanya, bisa belajar disitu,” kata Asir.


Tag
  • rotan
  •  
    div>