SENIN , 23 JULI 2018

Di Parepare, Merancang Sistem Pemindai Sidik Jari untuk Pasien PKM dan RSUD

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Kamis , 21 Januari 2016 18:32

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan Parepare saat ini tengah menggodok inovasi sistem pemindai sidik jari dan iris mata bagi pasien di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) atau pun Rumah Sakit Umum (RSU) Andi Makkasau.

Bila rencana ini berhasil, maka pasien tak perlu lagi membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) untuk dilayani secara gratis.

Wali kota Parepare Taufan Pawe mengatakan dengan terealisisakannya konsep alat itu maka petugas loket cukup meminta masyarakat yang hendak berobat memindai sidik jari atau melakukan iris mata di alat yang disiapkan di bagian loket.

Seluruh warga Parepare yang telah terdata di Dinas Kependudukan kata Taufan, tak perlu repot membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) bila hendak berobat di Puskemas.

“Kalau ada warga Parepare yang lupa bawa KTP atau KK tak perlu lagi harus membuang waktu dan uang untuk kembali ke rumahnya mengambil KTP dan KK mereka. Petugas loket di Puskemas tinggal memverifikasi data pasien yang ada di sistem,“ ujar Taufan, Kamis (21/1/16).

Sistem ini diharapkan sudah bisa diwujudkan Pemerintah Kota Parepare dalam waktu yang tidak terlalu lama. Taufan juga telah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan, dr Muh Yamin yang juga Plt. Direktur RSU Andi Makkasau agar segera mewujudkanya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Taufan berharap, adanya sinergitas dan  integrasi online antara data Disdukcapil dan Dinas Kesehatan agar dapat semakin meningkatkan kualitas dan mempercepat layanan kesehatan yang kepada masyarakat.


div>