SENIN , 21 MEI 2018

Di Raker Penmad, Kakanwil Minta Tingkatkan Performa Madrasah

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 22 Maret 2018 19:15
Di Raker Penmad, Kakanwil Minta Tingkatkan Performa Madrasah

Rapat Kerja Bidang Penmad se Sulsel tahun 2018, di Hotel Arya Duta Makassar, Kamis, 22 Maret 2018.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Di tahun 2018 ini, Direktorat Pendidikan Madrasah mengusung Tagline baru yakni “Madrasah Hebat dan Bermartabat”, dimana di tahun sebelumnya menggunakan tagline Madrasah lebih baik, lebih Baik Madrasah.

Perubahan tagline ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Dr. Hj. Yuspiani, M.Pd saat tampil melaporkan seputar Pelaksanaan Kegiatan Rapat Kerja Bidang penmad se Sulsel tahun 2018, di Hotel Arya Duta Makassar, Kamis, 22 Maret 2018.

Rapat Kerja Bidang Pendidikan Madrasah yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni mulai tanggal 22 sampai 24 Maret 2018 menghadirkan peserta sebanyak 160 orang terdiri dari Para Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kanwil dan Kemenag Kab/Kota se Sulsel, dan 128 orang Kepala Madrasah se Sulsel dengan menghadirkan Pemateri selain kakanwil dan Kabid Penmad yaitu Inspektorat Jenderal Dan Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI.

Di Raker ini, Yuspiani akan membahas dan mendiskusikan sejumlah regulasi baru terkait pendidikan madrasah, permasalahan yang ada di seputar program dan kegiatan Madrasah serta, program strategis, prioritas serta direktif Kementerian agama sehubungan dengan pendidikan madrasah.

Sementara Itu dalan Arahannya, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel Dr. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, mengharapkan Raker Penmad tahun ini bisa melahirkan program aplikatif menuju peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan.

Baik itu dari sisi Kapasitas SDM Pendidikan Madrasah kita seperti Kepala Madrasah, pengawas dan tenaga tekhnis lainnya guna melahirkan output yang berkualitas, yakni anak didik atau siswa tang berprestasi serta berakhlakul karimah.

Lebih Lanjut, Kakanwil memaparkan, bahwa Pengembangan pembelajaran berkualitas yang dimaksud adalah meliputi kurikulum yang andal, sistem penilaian yang konfrehensif dan kredibel tenaga pendidik yang profesional dan kompeten.

“Selain itu, tak kalah pentingnya adalah Penyediaan bantuan pendidikan yang efektif, baik bantuan afirmasi pendidik kategori tidak mampu atau daerah khusus, bantuan biaya operasional pendidikan, dan bantuan peningkatan prestasi, baik itu beasiswa bagi anak didik maupun tenaga pendidik,” kata Mantan Kabid PD. Pontren Kanwil.

Kakanwil juga mewanti wanti, jangan sampai ada kepala kantor, kepala seksi dan pengawas tidak tahu dan tidak kenal wilayah kerjanya. Seluruh pihak khususnya di Bidang Penmad wajib bertanggungjawab menjadikan Madrasahnya Hebat dan Bermartabat.

“Artinya harus yang lebih baik dari sekolah umum, dengan cara Peningkatan performa madrasah, Performa tenaga pendidik dan kependidikan yang penuh prestasi serta peningkatan Performa siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun bidang non akademik,” tegas Abd. Wahid.

“Dan Madrasah yang Bermartabat maknanya Kehebatan yang diperoleh tersebut harus melalui cara cara yang jujur dan bermartabat dengan cara yang berakhlaqul karimah dengan menerapkan prinsip kerja yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkyamitas serta kerja Ikhlas,” lanjutnya. (**)


div>