SENIN , 22 OKTOBER 2018

Di Ruangan Ini, Dua Tokoh itu Dilalap Api

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 15 Maret 2016 08:54
Di Ruangan Ini, Dua Tokoh itu Dilalap Api

int

JAKARTA – Sebanyak empat pasien dilahap si jago merah di Rumah Sakit Dr Mintoharjo Angkatan Laut, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin (14/3) sekira pukul 13.00 WIB. Keempatnya, yaitu bekas Kadiv Humas Polri Irjen (Purn) Abubakar Nataprawira, Ketua PB PGRI Sulistyo, Edi Suwandi, dan dokter Dimas.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Laksma M Zainuddin, mengatakan, titik kebakaran terjadi di ruang tabung chamber Pulau Miangas atau Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT). Menurut dia, ruangan tersebut adalah pengobatan alternatif yang menggunakan metode hiperbanik oksigen. “Pengobatan yang menggabungkan oksigen murni dan tekanan udara,” kata dia saat dikonfirmasi di Jakarta.

Zainuddin menjelaskan, pengobatan ini biasanya diperuntukkan bagi penyelam atau pekerja tambang bawah tanah yang organ tubuhnya selalu kurang mendapatkan asupan oksigen.

Menurutnya, pasien yang menjalani metode hiperbanik oksigen akan mendapatkan oksigen bertekanan udara tinggi sehingga mudah larut ke seluruh jaringan tubuh yang terdapat cairan. “Saat ini pemakaian herbanik oksigen selain untuk penyakit akibat penyelaman juga bermanfaat untuk berbagai penyakit klinis,” bebernya.

Seperti diketahui, kebakaran di ruangan tersebut terjadi pada pukul 13.00 WIB. Sementara, kata dia, pukul 11.30 WIB, atmosfer udara di ruangan itu bertekanan 2,4 atmosfer. Kemudian pada pukul 12.50 WIB, petugas mengurangi tekanan udara menjadi satu atmosfer. “Di situ terlihat percikan api,” terangnya.

Hingga saat ini, pihaknya dan sejumlah petugas dari pusat labotorium forensik Polri masih berada di ruangan tersebut guna mencari tahu ihwal kebakaran itu. “Sementara kami menduga terjadi korslet,” terangnya. (jpnn)


div>