KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Di Tana Toraja, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Reporter:

Cherly

Editor:

Iskanto

Jumat , 28 September 2018 11:27
Di Tana Toraja, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Suasana sosialisasi pengawasan partisipatif di hotel Pantan Makale, Tana Toraja Jumat 28 September 2018.

TANATORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menggelar sosialisasi pengawasan pertisipatif partai politik organisasi masyarakat dan media massa pada pemilihan umum tahun 2019. Sosialisasi tersebut berlangsung di hotel Pantan Makale, Jumat (28/9) dengan menghadirkan peserta dari parpol, ormas dan media massa.

Dalam kesempatan itu Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi saat mengatakan bahwa tahun 2019 merupakan tahun politik. Dimana ada beberapa pemilihan termasuk pemilihan presiden, dalam satu hari dilaksanakan pemilihan serentak. Hal ini pertama kali dilakukan di Indonesia.

Pemilu 2019 ini, lanjut Arumahi kemungkinan akan ada penurunan partisipasi di pemilu dengan pemilihan yang sekian banyak. Namun hal ini merupakan momen yang sangat penting untuk kepentingan bersama.
Olehnya itu perlu partisipasi dari semua pihak untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Karena dalam UUD 45 bahwa semua warga negara diberikan kedaulatan untuk memberikan hak suara dan tidak boleh dicemari.

“Pada masa ini pemilihan langsungm dimana masyarakat diberikan kesempatan untuk mempergunakan hak pilih, namun sering dikontori dengan berbagai hal kotor, seperti politik uang, politik sembako dan lain-lain “terangnya.

Olehnya itu perlu keterlibatan semua, ormas, media massa, parpol untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Termasuk melakukan pengawasan terhadap pelanggaran pemilu. (*)


div>