JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Di Unibos Makasssr, Mahfud MD ‘Kupas’ Kondisi Pendidikan

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Iskanto

Rabu , 19 September 2018 11:52
Di Unibos Makasssr, Mahfud MD ‘Kupas’ Kondisi Pendidikan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Dr. Mahfud MD hadir di kampus Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Rabu (19/9).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Dr. Mahfud MD hadir di kampus Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Rabu (19/9).

Dalam lawatan kali ini, mantan Menteri Hukum dan HAM RI itu, memberikan pencerahan serta  banyak mengupas kondisi pendidikan dan ilmu pengetahuan dihadapan ribuan mahasiswa dan Dosen di Kampus besutan Aksa Mahmud itu.

Mahmud pun memberikan ceramah serta renungan kepada mahasiswa agar berguna bagi bangsa, negara dan masyarakat.

Ia kemudian, mengajak mahasiswa agar tak berpikir menjadi mahasiswa Sarjana (Strata, Migister, Doktor). Akan tetapi, mahasiswa harus berpikir menjadi cendikianwan dan intelektual muda.

“Saya berharap mahasiswa sebagai generasi muda, jangan berpikir jadi sarjana. S1, S2 dan S3. Tapi harus berpikir menjadi cendikianwan dan intelektual muda, agar berguna di masa depan,” kata Mahmud dalam awal Diakusi.

Pada Kuliah Umum kali ini, Mahmud MD, membawakan materi bertajuk. “Memupuk nasionalisme dan patriotisme di dunia Perguruan Tinggi”.

Lebih lanjut, jebolan UGM ini menjelaskan, tolak ukur alumni luaran yang dihasilkan Perguruan Tinggi. Tak hanya pada ukuran kemampuan otak, skil dan ketrampilan.

“Searang Sarjana, punya ilmu, keahlian yang khusus Kalau cendikiawan punya otak, watak dan skil yang bagus dan luas,” tuturnya.

Dia menambahakan, dalam konteks UUD 1945 jelas disebutkan. Tujuan pendidikan adalah mencerdeskan kehidupan bangsa. Bukan menghasilkan Sanjana dan lainya.

“Dalam UU disebutkan tujuan pendidikan mencerdeskan kehidupan bangsa. Bukan unuk mencetak serjana,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Prof. Dr. Saleh Pallu menuturkan, salah satu visi-misi Kampus Unibos adalah menghasilkan alumni yang kelak akan menjadi tokoh nasional di Indonesia.

“Sewuai Visi-Misi Unibos. Menghasilkan tokoh nasional. Oleh karena itu, jika menghasilkan ingin pahirkan tokoh nasinal, maka hadirkan tokoh nasiona memotivasi calon tokoh nasional,” kata Prof Saleh. (*)


div>