RABU , 21 NOVEMBER 2018

Dianggap Mengganggu, Warga Minta Penampungan Batu Bara Tonasa Direlokasi

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Kamis , 25 Oktober 2018 15:30
Dianggap Mengganggu, Warga Minta Penampungan Batu Bara Tonasa Direlokasi

Unjuk rasa warga desa bulu cindea, di gerbang pelabuhan Biringkassi, kamis (25/10), warga desak Penampungan Batubara Tonasa direlokasi. Area lampiran

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Belasan warga di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, berunjuk rasa di gerbang Pelabuhan Biringkassi, Kamis (25/10).

Dengan membentangkan spanduk, mereka mendesak agar penampungan (stockpile) batu bara milik PT Semen Tonasa direlokasi, karena dianggap mengganggu.

“Kasihan warga disini, bisa dibayangkan jika setiap jam harus menyapu debu batu bara yang masuk, bagaimana kesehatan mereka,” ujar koordinator aksi Jufri Maudu.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Humas Semen Tonasa, Said Chalik yang hadir menemui pengunjuk rasa yang berjumlah belasan orang tersebut, siap memenuhi tuntutan warga. Bahkan sejumlah perlakuan khusus diakui telah dilakukan untuk mengantisipasi debu batu bara yang kerap dikeluhkan.

Hanya saja untuk tuntutan relokasi penampungan batu bara, pihak PT. Semen Tonasa masih mempertimbangkan dengan alasan efektifitas.

“Soal penampungan, kami masih pertimbangkan, ini akan jadi laporan kami, kami minta warga sabar,” ujar Said Chalik.

Said menambahkan bahwa, mengantisipasi debu batu bara tersebut, pihaknya telah mengaktifkan sistem penyemprotan (Spraying sistem), agar debu batu bara tidak begitu mengganggu.

“Sudah sepekan ini juga kita fungsikan penyemprotan, ada 200 titik semprot yang dipasang diatas belt conveyor biar debunya tidak beterbangan”, terangnya.

Tidak hanya pemasangan spraying sistem, Said ikut membeberkan upaya Semen Tonasa dalam mengurangi debu batubara. Diantaranya mengurangi ketinggian penampungan batu bara dari 15 meter, menjadi 6 meter, menutup penuh bak truk yang melakukan pengangkutan, termasuk pengosongan dermaga utara yang berdekatan dengan pemukiman warga. (*)


div>