SELASA , 16 OKTOBER 2018

Diduga Bongkar Kotak Suara, Oknum Ketua PPS Diperiksa Polisi

Reporter:

Syamsuddin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 28 Juni 2018 18:30
Diduga Bongkar Kotak Suara, Oknum Ketua PPS Diperiksa Polisi

Oknum Ketua PPS saat di Periksa di Mapolres Sinjai. Foto: Syamsuddin/RakyatSulsel

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Dua peti kotak suara di Kantor Kecamatan Sinjai Timur dibobol oleh oknum Ketua PPS pada Kamis (28/6) sekitar Pukul 03.00 dini hari. Kini oknum Ketua PPS tersebut sementara dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

Dihadapan Polisi, Pelaku, RD yang merupakan oknum Ketua PPS Desa Patalasang ditelpon salah oleh salah satu oknum anggota PPK Kecamatan Sinjai Timur atas nama AN untuk mengambil sampel formulir C1 dalam kotak suara dan setelah mendapatkan izin dari YN yang juga salah satu oknum Anggota PPK, Pelaku pun melakukan Pembongkaran.

“Saya hanya dihubungi via telepon untuk mengambil sample C1 oleh pak Anwar, setelah mendapat ijin dari pak Yunus saya membuka peti kotak Suara,” jelas Ridwan di Ruang Kasat Reskrim Polres Sinjai, Kamis (28/06/2018).

Sementara, Ketua Panwaslu Kabupaten Sinjai, Muh. Rusmin menyampaikan bahwa pihaknya sudah menerima laporan dari salah satu kuasa Hukum Paslon dalam hal ini Paslon No Urut 1 tentang adanya pembongkaran Kotak Suara di PPK Kecamatan Sinjai Timur.

“Jadi kami tentu menindak lanjuti sesuai dengan prosedur dan kewenangan kami, karen jika memang cukup alat bukti maka ini akan berujung pada PSU (Pemungutan Suara Ulang) pada TPS yang dianggap terjadi pelanggaran prosedural. Tapi karena ini kejadianannya sudah di PPK sementara syarat PSU itu jika kesalahan prosedural itu terjadi di TPS jadi kami berusaha mendalami,” jelasnya. (*)


div>