SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Diduga Tidak Netral, Buhari – Wahyu Akan Laporkan Komisioner KPU Luwu ke DKPP

Reporter:

Jepi

Editor:

Lukman

Rabu , 07 Februari 2018 21:00
Diduga Tidak Netral, Buhari – Wahyu Akan Laporkan Komisioner KPU Luwu ke DKPP

Pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Luwu, H Buhari Kahar Muzakkar - Wahyu Napeng (BKM-WN), kembali memasukkan berkas pendaftaran ke KPU Luwu.

BELOPA, RAKYATSULSEL.COM – Keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu yang menetapkan dokumen bakal pasangan calon Buhari Kahar Muzakkar – Wahyu Napeng (BKM-WN) yang tidak memenuhi syarat, Selasa (7/2) mendapat respon keras.

Saat memberi keterangan pers di posko pemenangan BKM-WN di jalan Topoka, Buhari dengan tegas menyebut penolakan berkas BKM-WN adalah sikap ketidaknetralan KPU Luwu dalam memutuskan berkas BKM-WN yang disebut tidak memenuhi syarat.

Untuk itu, Buhari akan menempuh jalur hukum untuk melaporkan dugaan kecurangan dan tidak netralnya KPU Luwu atas verifikasi ulang berkas dirinya dan Wahyu Napeng.

“Kami menilai, ada kecurangan dan tidak netral KPU Luwu. Mereka tidak melakukan konsultasi ke DPP Hanura dan DPP PAN lalu mengeluarkan putusan soal berkas saya dan Wahyu tidak memenuhi syarat,” tutur Buhari.

Penelusuran tim LO BKM-WN, kata Buhari, KPU Luwu tidak melakukan verifikasi. Pokok masalah adalah keberadaan partai, mestinya KPU melakukan verifikasi dan klarifikasi di DPP, tapi itu tidak dilakukan oleh KPU. “Ini wujud dari pemaksaan KPU Luwu,” tegasnya.

“Langkah selanjutnya sedang kami pikirkan dengan pasangan saya Pak Wahyu, maupun pengacara saya Abbas Johan. Kami akan lakukan pengaduan ke DPP dan kita akan lakukan gugatan ke Panwas lagi untuk lolos ketahapan pilkada selanjutnya termasuk penguatan hukum lainnya,” ujar Buhari.

Sementara kuasa hukum BKM-WN, Abbas Johan menambahkan, yang pasti BKM-WN akan melakukan upaya hukum dan akan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), soal tidak netralnya KPU Luwu atas verifikasi ulang berkas BKM-WN pasca putusan Panwas Luwu 28 Januari 2018

“Kita akan laporkan ke DKPP, karena ketidak netralnya KPU Luwu. Kami menilai ada hal yang kita duga soal indikasi kecurangan dilakukan KPU Luwu jika mengacu pada berita acara KPU Luwu nomor 8/PL.03.2.BA/7317/kab/K1.K2.K3.K4. K5/ 1/ 2018 per tanggal 31 Januari 2018. (*)


div>