SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Diguyur Hujan, Wabup Irwan Buka Turnamen Kasti

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 22 April 2016 13:56
Diguyur Hujan, Wabup Irwan Buka Turnamen Kasti

int

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Meski diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat atlet kasti untuk mengikuti pembukaan turnamen bola Kasti antar Desa, Instansi dan Organisasi Perempuan‎. Kegiatan itu sendiri dibuka oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam‎ di bawah guyuran hujan, yang dipusatkan di Lapangan Wonorejo Kecamatan Mangkutana, Kamis (21/4).

Sebanyak 24 tim bola kasti ikut ambil bagian dalam ajang kompetisi tersebut. Ajanng itu sendiri memang ditujukan untuk menyemarakkan 13 Tahun Kabupaten Luwu Timur yang puncaknya 3 Mei mendatang.‎ Dijadwalkan pertandingan kasti ini akan berlangsung selama 8 hari yang dimulai tanggal 21 hingga 28 April 2016 mendatang.

‎‎”Olahraga bola kasti ini patut dikembangkan, karena faktanya banyak masyarakat yang sangat berminat dengan olahraga ini,” kata Irwan Bahri Syam.

Menurutnya,‎ kegiatan olahraga tradisional seperti kasti, merupakan jenis olahraga yang sangat dikenal di tengah masyarakat. Namun dalam pandangannya, seiring waktu berjalan dan akibat besarnya pengaruh informasi dan teknologi, olahraga ini semakin dilupakan. “Olahraga ini mengandung nilai-nilai kebersamaan yang kuat,” ujar Irwan.‎

Pertandingan yang digelar sebagai rangkaian acara hari jadi Lutim ke-13, kata Irwan, akan menjadi momen bersejarah, karena menjadi kesempatan untuk memperbaharui semangat dan karya dalam menatap masa depan Lutim yang jauh lebih baik, terkemuka dan semakin berdaya saing.‎‎

“Hari ini, juga menjadi momen spesial bagi kaum perempuan karena bertepatan dengan hari Kartini, sosok perempuan yang menjadi teladan, dan memiliki cita-cita yang luhur bagi perjuangan kaum perempuan di Indonesia,” ujarnya.

Ketua penyelenggara, Nursan Oddank mengatakan, kegiatan olahraga tradisional ini bertujuan untuk melestarikan budaya melalui kegiatan permainan seprti kasti. “Juga untuk ajang silahturahmi antara Pkk Desa, dharmawanita dan organisasi wanita se kec mangkutana,” kata Sekcam Mangkutana ini.

Pembukaan turnamen Bola kasti se Kecamatan Mangkutana ini ditandai dengan pemukulan Bola Kasti oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam. Selanjutnya dua tim, yakni tim PKK Desa Maleku dan tim K3SD, langsung bermain di hadapan Wakil Bupati Luwu Timur dan jajaran Muspika.


div>