KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Dikeluhkan Warga, Bupati Maros Sidak Disdukcapil

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

asharabdullah

Senin , 30 Juli 2018 18:32
Dikeluhkan Warga, Bupati Maros Sidak Disdukcapil

Bupati Maros HM Hatta Rahman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akibat banyaknya keluhan dari dari warga terkait sulitnya mendapatkan KTP Elektronik (e-KTP), Senin (30/07/2018). (Iqbal/RakyatSulsel)

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Maros HM Hatta Rahman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akibat banyaknya keluhan dari dari warga terkait sulitnya mendapatkan KTP Elektronik (e-KTP), Senin (30/07/2018).

Dalam sidak tersebut, Hatta menemukan pemicu tidak terbitnya e-KTP yakni karena habisnya tinta yang biasa digunakan untuk mencetak KTP. Olehnya itu, Disdukcapil hanya mengeluarkan surat keterangan (suket) yang berlaku selama enam bulan bagi warga Maros yang membutuhkan KTP.

“Kami terima laporan tentang susahnya masyarakat mendapatkan KTP dan setiap kali kesini, hanya diberikan surat keterangan domisili atau KTP sementara. Pasti ada masalah kalau begitu, makanya kami ingin tahu secara langsung permasalahan utama, mengapa masyarakat hanya mendapatkan surat keterangan domisili, dan bukan E-KTP. Ternyata memang permasalahan utamanya adalah, Disdukcapil kehabisan tinta untuk mencetak KTP,” ujar Hatta Rahman.

Dia melanjutkan, untuk menghindari berlarut-larutnya permasalahan ini, Hatta meminta kepada instansi terkait untuk berkoordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD) Maros untuk menganggarkan pengadaan pembelian tinta pencetakan KTP.

“Ternyata tinta yang digunakan bukan sembarang tinta. Makanya harus dibeli di Jakarta. Jadi kami minta Disdukcapil secepatnya berkoordinasi dengan Badan Keuangan untuk pembelian tinta. Supaya permasalahan ini tidak lagi berlarut-larut ditangani,” jelasnya. (*)


Tag
  • Pemkab Maros
  •  
    div>