SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Dimas Mahendra: Pusat Oleh-oleh Dekranasda Parepare Pertama di Indonesia

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Sabtu , 18 Agustus 2018 12:53
Dimas Mahendra: Pusat Oleh-oleh Dekranasda Parepare Pertama di Indonesia

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Penasehat Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI), Dimas Mahendra memuji kehadiran pusat oleh-oleh yang dikelola Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare.

Menurut Dimas, dirinya telah berkeliling Indonesia, namun baru kali ini pusat oleh-oleh yang dibina dan dikelola langsung Dekranasda kerjasama Tim Penggerak PKK, hanya ada di Parepare. Selain itu, produknya juga lengkap.

“Pusat oleh-oleh Parepare ini pertama di Indonesia yang dibina dan dikelola langsung Dekranasda kerjasama PKK. Biasanya hanya dibina oleh Dekranasda, lalu dilepas. Ada juga yang dikelola oleh swasta. Kalau Parepare mulai tempat, lokasi, sarana dan prasarana, serta pemasaran semua dikelola Dekranasda, nah itu yang tidak ada di Indonesia hanya ada di Parepare,” urai Dimas.

Dimas juga mengatakan, masyarakat Parepare sangat beruntung dengan hadirnya pusat oleh-oleh tersebut. Selain terbantu dalam penyediaan sarana dan prasarana dalam home industri, juga dalam hal pemasaran produk.

“Suatu kesyukuran bagi masyarakat Parepare karena pusat oleh-olehnya dikelolah Dekranasda, bukan dari swasta. Kalau swasta tentu hanya untuk kepentingan pribadi, dan produk yang masuk pasti akan dibatasi,” ulasnya.

“Selain itu, produk oleh-olehnya juga lengkap. Ada makanan, kerajinan, dan produk tekstis. Bukan hanya kain dan produk fashion saja tapi ada juga tempat tissu, ada jilbab, aksesoris, riasan, gantungan kunci, dan lain-lain,” lanjut Dimas menutup wawancaranya. (MP1)


div>