SABTU , 21 JULI 2018

Dinas Arsip dan Perpustakaan Barru Gagas Program Baca Buku Kopi Pintar

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Lukman

Minggu , 24 Juni 2018 15:30
Dinas Arsip dan Perpustakaan Barru Gagas Program Baca Buku Kopi Pintar

Drs Fariadi Abujahja Msi

BARRU,RAKYATSULSEL.COM – Salah satu terobosan yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus,red) Kabupaten Barru dalam menumbuhkan minat baca bagi masyarakat di Kabupaten Barru dilaksanakan dengan program kopi pintar dan hal ini patut diacungi jempol.

Gagasan program bernama ‘Kopi Pintar’ ini bertujuan menumbuh kembangkan minat baca buku bagi pengunjung yang berada di warung kopi.

“Untuk menunjang hal itu, pihak kami bekerjasama dengan pemilik warung kopi menyiapkan outlet baca,” kata Fariadi.

“Outlet baca tersebut disiapkan rak dengan beragam macam buku bacaan,baik fiksi maupun non fiksi,” ungkap Kepala ‎Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Barru, Drs Fariadi Abujahja.

Menurut Fariadi, program kopi pintar ini diharapkan menambah fungsi warung kopi, bukan hanya untuk berkumpul namun sebagai sarana membaca bagi pengunjung datang.

“Adapun program kopi pintar ini mulai kami rintis sebelum ramadan, tepatnya tanggal 10 Mei 2018 lalu,” terang Fariadi.

“Hingga saat ini ada empat warung kopi yang bekerjasama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan dalam menyiapkan outlet baca itu,masing-masing warung kopi Happines, Kopi To Berru, Kafe 3R, dan Warkop Jordan,” jelasnya.

“Baru empat warung kopi tersebut yang bekerjasama dengan kami. Kedepan, saya berharap seluruh warung kopi di Kabupaten Barru bisa kita ajak kerjasama,” janji Fariadi.

Di samping itu, mantan Sekertaris Dinas Perikanan dan Kelautan ini, juga berharap, dengan adanya outlet baca itu, masyarakat Barru semakin mudah membaca buku. “Tidak mesti ke Perpustakaan daerah lagi untuk baca buku, sekarang sudah tersedia di warung kopi,” tutup Fariadi. (*)


div>