SENIN , 10 DESEMBER 2018

Dinas Kesehatan Parepare Imbau Waspadai Bahaya Campak dan Rubella

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 03 Agustus 2018 11:51

PAREPARE, RAKSUL.COM– Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare, Sriyanti Ambar, akan menggelar sosialisasi bahaya Penyakit Campak dan Rubella, ini hari, Jumat, 3, Agustus, di Hotel Pariwista, Kota Parepare.

Sriyanti Ambar, saat dihubungi kemarin mengatakan, sosiliasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, Kota Parepare bahaya Penyakit Campa dan Rubella. Ia mengatakan, untuk Penyakit Campak, dapat menyebabkan kompiliksasi yang serius, seperi diare, radang paru, radang otak kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Pada tahun 2000, lebih dari 12 juta di dunia meninggal karena komplikasi penyakit Campak.

“Untuk Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menular ibu hamil pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kacacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella kongenital yang meliputi kelainan jantung, kerusakan jaringan otak, katarak, ketulian dan keterambatan perkembang,” ujarnya.

lanjutnya, ia mengatakan, Penyakit Campak adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebarkan oleh virus Campak dan Rubella. Penyakit Campak dan Rubella sangat menular.

“Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi Campak dan Rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit Campak dan Rubella adalah orang yang berisiko tertular penyakit ini,” jelasnya.

Sriyanti Ambar mengatakan, untuk terhindari dari Penyakit Campak dan Rubella, dengan imunisasi MR. Imunasi MR, ialah kombinasi vaksin Campak atau vaksin Measles (M) dan Rubella (R).

“Untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella, agar segera berikan imunisasi untuk, anak-anak kita, khusunya yang berusia 9 bulan sampai 15 tahun. Imunisasi MR dapat diperoleh secara gratis di sekolah-sekolah, posyandu dan tempat layanan kesehatan puskesmas, mulai tanggal 1-31 Agustus,” jelasnya.

Dia mengatakan, manfaat Imunisasi MR adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak serta memberikan perlindungan terhadap penularan penyakit Campak dan Rubella yang adapat menyebapkan kematian

“Dengan imunasi MR, sebagian besar anak kita, akan mendapatkan kekebalan terhadap Campak dan Rubella seumur hidup setelah mendapatkan imunasi MR,” bebernya.

Lanjutnya, untuk gejala penyakit Campak, deman tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk, pilek dan mata merah. Untuk Rubella tidak spesifik, bahkan bisa tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek mata merah dan nyeri persendian.

“Penyakit Campak dan Rubella tidak ada pengobatan, namun penyakit ini dapat dicegah, melalui imunisasi dengan vaskin MR, vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit Campak dan Rubella. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus,” katanya. (*)


div>