RABU , 19 DESEMBER 2018

Dinas Koperasi Sulsel Latih 3140 Wirausahawan Baru

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Senin , 25 September 2017 17:10
Dinas Koperasi Sulsel Latih 3140 Wirausahawan Baru

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov Sulsel, H Abd Malik Faisal. ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel masih terbentur dengan sejumlah kendala saat melakukan pelatihan kerja wirausahawan. Kebanyakan para wirausahawan baru belum mengetahui secara teknis bagaimana mendapatkan modal awal untuk memulai usaha.

Hal itu, diungkapkan kepala dinas koperasi Sulsel, Malik Faisal, Senin (25/9). Menurutnya, dari sejumlah daerah yang melaksanakan pelatihan, keluhan yang utama yakni susahnya mendapatkan modal usaha awal.

Menanggapi hal itu, Malik mengatakan tidak ada kendala yang dihadapi apabila mau berusaha, hal ini para wirausahawan dituntut memiliki skill yang kreatif dan didukung dengan hasil produk yang berkualitas.

“Solusinya pasti kita berikan pelatihan, bagaimana dia meningkatkan skill sehingga menghasilkan prodak yang berkualitas. Dengan kualitas prodak yang menjanjikan sehingga membuat mereka mudah dalam mendapatkan pinjaman modal awal,” tuturnya.

Mantan Kepala Biro Umum Sulsel itu menambahkan, setelah skill dan prodak mereka sudah bagus, pihaknya akan memperkenalkan mereka dengan penjamin modal, dalam hal ini, pihak perbankan atau koperasi simpan pinjam.

“Karena sudah ada jaminan dari mereka bahwa dengan skill dan prodak yang menarik dan berkualitas, memudahkan mereka mendapatkan modal awal,” ungkapnya.

Hingga kini, lanjut Malik, sebanyak 3140 wirausahawan baru mendapatkan pelatihan khusus dari dinas koperasi di seluruh Sulsel, dari 3140 wirausahawan tersebut, mereka akan mendapatkan sertifikat apabila produk mereka dinyatakan lulus seleksi. Nantinya sertifikat tersebut memudahkan mereka mendapatkan modal awal.


div>