JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Dinas PM PTSP Optimis Raih Pelayanan Prima Terbaik Tipe A

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 13 April 2017 12:15
Dinas PM PTSP Optimis Raih Pelayanan Prima Terbaik Tipe A

Kepala Dinas PM PTSP Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie. foto: ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pada hakikatnya, pelayanan prima salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk melayani pelanggan (masyarakat) dengan sebaik-baiknya. Manajemen inilah yang diterapkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP) Kota Makassar dalam melayani izin setiap hari.

Kepala Dinas PM PTSP Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, mengungkapkan, Ingin menjadikan Dinas PTSP yang dinahkodai saat ini menjadi yang terbaik. Khusus untuk pelayanan prima, dari sekarang posisi tipe C menjadi posisi tipe A sesuai standar-standar yang di tetapkan oleh Menpan RB.

“Kami optimis meraih itu, khusus pelayanan prima. Dinas PTSP Makassar akan menjadi terbaik meraih predikat tipe A dalam pelayanan,” ujarnya Kamis (13/4).

Menurutnya, target tersebut bukan hanya sekedar ucapan belaka, melainkan akan dibuktikan dengan kerja nyata mewujudkan Makasaar 2X+V. Dinas yang kini dipimpin, sudah punya Standard Operating Procedure (SOP) baru yang mengacu pada Perwali Nomor 60, sehingga predikat posisi tipe A ditarget akan terwujud.

“Dalam manajemen pelayanan kami terapkan prinsip melayani masyarakat layaknya raja. Agar dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar ini, setiap kali memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat struktural dan seluruh staf lingkup Dinas PM PTSP selalu mengingatkan kepada jajaranya untuk tetap menjaga kebersihan dan selalu mengutamakan pelayanan perizinan terbaik kepada Masyarakat, tanpa mempersulit.

“Dalam pelayanan tak boleh ada jalur lain. Semua satu pintu, jendela-jendela ditutup, tidak lagi bolak-balik ke dinas teknis, seperti Perindag, Bank Sulselbar, sekarang tidak lagi. Semua kami layani dengan sebaik-baiknya,” kata Andi Bukti.

[NEXT-RASUL]

Kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar ini, menjelaskan, seharian melayani penandatanganan izin ratusan, untuk izin usaha. Belum lagi izin lainya, sehingga memanfaatkan waktu libur pun ke kantor menyelesaikan tugas agar tepat pada waktu.

Oleh sebab itu, ia mengimbau warga Kota Makassar tidak memakai perantara atau pihak ketiga dalam mengurus surat izin, seperti izin usaha ataupun Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sehingga tak menunggu lama-lama.

“Saat ini program layanan perizinan satu pintu sudah berjalan dengan baik. Sejak dicanankan Pak Danny (Moh Ramdhan Pomanto, Wali Kota Makassar). Caranya tidak berbelit-belit lagi, diurus di badan perizinan dan hasilnya diambil di situ juga. Tapi kalau pakai pihak ketiga, itu lambat. Jadi langsungki datang sendiri ke badan perizinan,” saran mantan Camat Panakkukang ini.

Andi Bukti menambahkan, saat ini sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu ditingkatkan menyusul jaringan sedang diperbaiki. Selain itu, untuk mendukung itu saat ini pihaknya sedang membangun jaringan yang canggih. Dimana jaringan ini disupport Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom). “Pada jaringan ini untuk menjamin masyarakat tidak lagi bolak balik mengurus berkasnya,” jelas Andi Bukti. (***)


div>