MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Dinas PPPA Sulsel Evaluasi PUG Bantaeng

Reporter:

Jejeth

Editor:

Lukman

Kamis , 26 April 2018 22:20
Dinas PPPA Sulsel Evaluasi PUG Bantaeng

Dinas PPPA Sulsel saat melakukan monitoring Pengarus Utamaan Gender (PUG) ke Kabupaten Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengutus Tim Pendampingan/Mentoring Pengarus Utamaan Gender (PUG) ke Kabupaten Bantaeng.

Tim yang dipimpin Rosniati Azis sebagai mitra PPPA Sulsel yang membidangi PUG didampingi Wahidah diterima di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis (26/04).

Pendampingan ini dilakukan atas inisiatif PPPA SulSel dalam rangka menyongsong pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE Awards) tahun 2018 pada Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat. Untuk Sulsel, dari 24 Kabupaten/Kota hanya 17 yang mengirimkan data sesuai formulir penilaian.

“Kami melihat ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dari tahun sebelumnya. Apa yang belum dimiliki kita persiapkan saat proses penginputan form dalam bentuk aplikasi yang dimulai September 2018. Sehingga teman-teman dari PPPA Provinsi SulSel berinisiatif melakukan pendampingan. Dan ada 3 daerah yang kita prioritaskan mencapai target meraih kategori Utama APE Awards tahun ini, salah satunya Kabupaten Bantaeng,” ungkap Rosniati Azis.

Kegiatan ini menjadi penting dalam melakukan evaluasi kinerja terhadap Pengarus Utamaan Gender (PUG) khususnya di Kabupaten Bantaeng. Hadirnya PUG guna memastikan kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk bisa memperoleh akses yang sama atas sumber daya pembangunan. Sehingga dapat berpartisipasi yang sama dalam proses pembangunan, termasuk proses pengambilan keputusan. Memiliki kontrol sama atas sumber daya pembangunan dan memperoleh manfaat yang sama dari hasil pembangunan.

Sebelum memaparkan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi PUG, Kepala Dinas PMD, PP dan PA Kabupaten Bantaeng, Chaeruddin Arsyad membuka rapat secara resmi dan membacakan sambutan tertulis Plt. Bupati Bantaeng. “Pemerintah Kabupaten Bantaeng menyambut baik sekaligus mengapresiasi kedatangan Tim dalam melakukan Pendampingan/Mentoring PUG. Sekaligus mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini dalam rangka evaluasi untuk meraih APE Awards tahun 2018,” sebutnya.

Kabupaten Bantaeng tercatat telah meraih APE Awards kategori Madya di tahun 2014 dan 2016. Dimana apresiasi APE ini awalnya dilaksanakan tiap 2 tahun. Namun terhitung mulai 2018 bakal dilaksanakan tiap tahun.

Proses penilaian berturut-turut dimulai proses penginputan, penetapan tim evaluasi hingga verifikasi. Selanjutnya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA-RI) menetapkan penerima untuk diserahkan oleh Presiden RI. (*)


div>