SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Dinas PU Gandeng JICA Bangun IPAL Johkasou

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 17 Mei 2017 10:30
Dinas PU Gandeng JICA Bangun IPAL Johkasou

Ilustrasi Kantor Balaikota Makassar. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menggandeng Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) bekerjasama dalam pembangunan fisik Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL–Johkasou) di area publik.

“Kerja sama tersebut berupa bantuan fisik pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah khususnya penyediaan alat water treatment, bernama Johkasou,” ungkap Humas DPU Hamka Darwis diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (17/5).

System Johkasou ini, dapat menjadi salah satu opsi pengolahan air limbah di Kota Makassar ke depan.

“Efluent yang dihasilkan benar-benar sesuai proposal, baku mutu sesuai peraturan menteri terkait baku mutu air limbah domestik,” terang Hamka.

Rencananya sistem Johkasou ini juga dapat memberikan pendampingan ke pengusaha lokal dalam membangun sistem Johkasou ini.

“Sistem Johkasou yang dipasang di lokasi area publik ini, akan menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Limbah yang diolah lebih besar grey water daripada black water yang diolah dalam water treatment secara terpadu, dengan efluent baku mutu yang sesuai,” jelas Hamka.

Diketahui, sebagai tahap awal pembangunan fisik IPAL Johkasou ini akan dibangun di lokasi PKL Center Karebosi. “Mungkin ada beberapa lokasi, tapi fokus di situ (Karebosi) dulu mungkin,” pungkasnya. (***)


div>