JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Dinas PUPR Akan Kembangkan Wilayah Pesisir Pantai Parepare

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 27 April 2017 15:54
Dinas PUPR Akan Kembangkan Wilayah Pesisir Pantai Parepare

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, M. Anwar Amir.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, tengah mengembangkan kawasan pesisir pantai di Kota kelahiran BJ. Habibie tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu, rencana pembangunan mega proyek Anjungan Cempae dan Mattitorasi Water Park (MWP).

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Parepare, M. Anwar Amir, mengatakan, untuk wilayah pesisir merupakan hal yang memungkinkan untuk dikembangkan. Apalagi, kata dia, dinamika pembangunan di Parepare semakin tinggi. Sehingga, katanya, wilayah pesisir dipandang perlu untuk direvitalisasi dalam memanfaatkan wilayah pesisir pantai.

Dia memaparkan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi, yang berkaitan dengan pembangunan Anjungan Cempae dan MWP yaitu, kawasan tersebut sudah termuat dalam Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), harus masuk dalam Rencana Zonasi Wilayah Pesisir (RZWP) pantai Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dan memiliki dokumen pendukung seperti dokumen lingkungan dan perencanaan teknis.

“Posisi dokumen tersebut, seperti RZWP, sementara dibahas di Provinsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, dan tinggal menunggu disahkan menjadi Perda. Sementara, untuk dokumen RTRW juga menunggu pengesahan di DPRD Parepare. Jika semua sudah lengkap, maka pengembangan wilayah pesisir dapat dilakukan,” katanya, Kamis (27/04/2017).

Terpisah, Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare, Heri Ahmadi, mengemukakan, Ranperda RTRW telah dibahas dan disetujui pada tingkat Komisi. Selanjutnya, kata dia, tinggal disahkan menjadi Perda namun menunggu terlebih dahulu Peraturan Wali Kota, terkait Perda tersebut.

“Hanya saja, masih membutuhkan waktu yang cukup lama,” ujarnya. (luk)


Tag
div>