SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Dinas PUPR Akan Terapkan Sistem Pendataan Titik dan Pendangkalan pada Kawasan Pantai

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 23 Mei 2017 13:13
Dinas PUPR Akan Terapkan Sistem Pendataan Titik dan Pendangkalan pada Kawasan Pantai

Kepala Seksi Perlindungan Sungai dan Pantai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, Ary Tulung Biantong.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare melalui Bidang Sumber Daya Air, akan menerapkan sistem pendataan titik dan pendangkalan pada pantai.

Kepala Seksi Perlindungan Sungai dan Pantai Dinas PUPR Parepare, Ary Tulung Biantong, mengatakan, pihaknya mengambil langkah tersebut, sebagai bentuk inovasi dalam Bidang Sumber Daya Air (SDA) yang baru terbentuk.

Dia menjelaskan, hal tersebut perlu dilakukan, sebagai langkah melengkapi data-data awal, dan data dasar teknis untuk dijadikan bahan dalam mengelolah Bidang SDA ke depannya, untuk mendukung dalam menjalankan tugas dan fungsi, maupun peningkatan kinerja

“Paling tidak, data yang ada diperoleh melalui hasil pengamatan,” katanya, Selasa (23/05/2017).

Dia mengungkapkan, Parepare memiliki pantai sepanjang 11,9 kilometer, yang meliputi 11 Kelurahan, bisa dikembangkan ke depannya. Sehingga, katanya, untuk sementara pihaknya fokus dalam pembersihan sampah dan sedimen.

“Kami akan koordinasi dengan pihak Kelurahan dan Kecamatan. Sebagai outputnya, akan kita masukkan dalam aplikasi, sebagai bentuk dukungan Parepare menuju Smart City,” jelasnya.

Dia mengemukakan, inovasi tersebut, penting dilakukan dengan tujuan, untuk menciptakan suasana pantai yang nyaman. Ke depannya, lanjut dia, untuk jangka panjang akan menjadi pertimbangan dalam menambah fasilitas publik khususnya di kawasan pantai.

“Juga penting untuk meningkatkan daya tarik masyarakat, supaya bisa menjadikan pantai sebagai alternatif objek wisata. Sekaligus, menggali potensi wisata di kawasan pantai,” tandasnya. (luk)


Tag
div>