MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Dinas PUPR Himbau Warga Urus IMB Tanpa Perantara

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 28 Maret 2017 15:36
Dinas PUPR Himbau Warga Urus IMB Tanpa Perantara

Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, M. Anwar Amir.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, M. Anwar Amir, mengatakan, masyarakat yang mendaftar untuk memperoleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam beberapa bulan terakhir pada tahun ini, sampai saat ini telah mencapai 100 lebih. Namun, kata dia, yang sementara diproses baru sekitar 20 lebih.

“Itu yang sudah jadi dan diterima. Sejauh ini tidak kendala dan berjalan dengan lancar. Hanya saja, ada beberapa sistem yang berubah dan penambahan sanitasi dalam gambar,” katanya, Selasa (28/03/2017).

Dia menjelaskan, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat untuk memudahkan dalam pengurusan IMB, pihaknya melakukan pemangkasan birokrasi dari 12 tahap, dan kini hanya menjadi delapan tahap. “Yang lama biasanya pada gambar teknis, namun itu untuk menentukan besarnya jumlah pajak retribusi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, dibeberapa daerah tidak dilampirkan gambar teknis sebagai persyaratan, dan hanya digunakan sebagai dasar perhitungan saja. Sehingga, katanya, cukup melampirkan Surat Keputusan (SK) IMB dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Parepare. “Kami juga, terus berupaya mencari efektivitas pengurusan IMB, supaya jauh lebih mudah lagi,” jelasnya.

IMB, lanjut dia, merupakan salah satu perizinan. Karenanya, dia menghimbau, supaya masyarakat datang mengurus sendiri, dan tidak menggunakan perantara siapapun. “Paradigma masyarakat juga harus diubah bahwa perizinan itu betul-betul sangat mudah. Terlebih, untuk menghindari pembayaran di luar yang ditetapkan oleh aturan,” tandasnya. (Luki)


Tag
div>