KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

Dinas PUPR Sosialisasikan Aplikasi Jalan Kita

Reporter:

Editor:

Niar

Minggu , 16 April 2017 13:57
Dinas PUPR Sosialisasikan Aplikasi Jalan Kita

Staf Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, Sukriadi Romy, saat menunjukkan Aplikasi Jalan Kita.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare menyosialisasikan Aplikasi Jalan Kita, yang merupakan salah satu terobosan Perencanaan dan Penawasan Jalan Nasional (P2JN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI).

Staf Bidang Bina Marga Dinas PUPR Parepare, Sukriadi Romy, mengatakan, aplikasi tersebut fokus pada hal-hal mengenai jalan, jembatan dan drainase di pinggir jalan, yang menjadi wewenang Bina Marga, dan mulai intens disosialisasikan pada tahun ini. Yang jelas, kata dia, aplikasi tersebut juga salah satu inovasi Kementerian PUPR RI, dalam efisiensi dan efektivitas dalam menangani keluhan masyarakat.

“Aplikasi Jalan Kita bisa didownload melalui Play Store pada android masing-masing, dan itu bisa digunakan oleh seluruh elemen masyarakat apapun profesinya. Intinya, masyarakat terlebih dahulu mengenal aplikasi tersebut, bawah itu merupakan aplikasi skala nasional,” katanya, Minggu (16/04/2017).

Dia menjelaskan, dalam menggunakan Aplikasi Jalan Kita, ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu, buka aplikasi, pilih lapor, terus lampirkan foto jalan, jembatan, dan drainase yang ada di pinggir jalan. Namun, lanjutnya, harus difoto di lokasi dan melalui aplikasi, supaya titik koordinatnya terbaca. Selanjutnya, tambah dia, dikirim dan diterima langsung oleh P2JN Kementerian PUPR RI.

“Kelebihan aplikasi tersebut yaitu, pihak Kementerian bisa memilah apakah jalan itu ditangani Pemerintah Pusat, Provinsi atau Kabupaten/Kota. Selain itu, supaya menjadi perhatian Pemerintah Pusat dan menjadi pertimbangan untuk penganggaran di daerah,” jelasnya.

Menurutnya, Aplikasi Jalan Kita sebetulnya bisa dibuat dalam skala daerah, dengan server yang berpusat di Dinas PUPR Parepare atau di Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare. “Supaya, jika sosialisasinya sudah meluas, daerah bisa langsung menangani tanpa perlu merepotkan masyarakat menyurat jika ada keluhan terkait jalan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, jika Aplikasi Jalan Kita bisa direalisasikan di daerah khususnya di Kota kelahiran BJ Habibie tersebut, akan menjadi terobosan Dinas PUPR dalam mendukung Parepare sebagai Smart City. “Hanya saja, yang menjadi perhatian terlebih dahulu ditekankan pada sosialisasinya,” pungkasnya. (luk)


Tag
div>