RABU , 13 DESEMBER 2017

Dinas SDA Sulsel Akan Laksanakan G1000 Kesadaran Pemeliharaan Sungai

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Senin , 09 Oktober 2017 19:07
Dinas SDA Sulsel Akan Laksanakan G1000 Kesadaran Pemeliharaan Sungai

Kepala Dinas PSDA Sulsel, Andi Darmawan Bintang, menjadi Pembina upacara saat upacara Pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah PPDB tingkat SMA/SMK se Kabupaten Pangkep. foto: atho tola/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tataruang (SDAKT) Sulsel akan louncing program 1000 kebaikan atau G1000-G dengan mengajak 1000 masyarakat untuk sadar akan lingkungan sungai.

Kepala Dinas SDA, Andi Darmawan Bintang, mengatakan pada peluncuran G1000 nantinya akan melalui empat tahap. Diantaranya, gerakan 1×100 titik pemeliharaan irigasi, gerakan 1×100 pemeliharaan sungai, 1000 orang sadar sungai dan peningkatan SDM 1000 orang.

“Jadi kita akan melakukan sosialisasi peningkatan kesadaran bagaimana sebenarnya manfaat menjaga kondisi sungai, sehingga tetap bisa berfungsi, sebagai sumber kehidupan dalam hal ini sumber air dan air baku,” kata Darmawan Bintang, Senin (9/10).

Terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia pada pegawai pengoperasian irigasi, Wawan–sapaan akrab Darmawan Bintang mengharapkan agar mereka lebih bertanggungjawab atas kerjanya.

“Peningkatan SDM 1000 orang dalam hal ilmu pengetahuan sehingga mereka bisa lebih mempuni pengetahuan mereka dalam mengoperasikan daerah irigasi dalam tanggung jawab mereka,” jelasnya.

Untuk penetapan waktunya, kata mantan penjabat Bupati Takalar ini, sementara dalam pembahasan, namun lokasi peluncuran program G1000-nya sendiri pihaknya lebih memilih area danau atau sungai.

“Kami masih menunggu waktu karena jadwal juga sudah full jadi tidak harus sebelum tanggal 19 Oktober, kita jg akan cari waktu nya pak gubernur untuk meluncurkan itu,” pungkasnya. (*)


div>