RABU , 12 DESEMBER 2018

Dinkes Bakal Periksa Kesehatan Supir Daerah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 14 Juni 2017 13:26
Dinkes Bakal Periksa Kesehatan Supir Daerah

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap supir angkutan umum antar daerah. Pemeriksaan ini dalam rangka menghadapi musim mudik hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Sama dengan tahun sebelumnya, istilah posko ini adalah kita menyatu dengan pihak kepolisian, Jasaraharja, DLLAJR, dan lain sebagainya, itu ada satu tim. Dimana disetiap etape-etape itu dibentuk pos, jadi selain memeriksa kelaikan kendaraan, kalau kelaikan sopir itu bagian dari kami,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rahmat Latif diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (14/6).

Dia menambahkan, pemeriksaan itu bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan supir layak melakukan perjalanan antar daerah atau tidak. Pemeriksaannya meliputi tekanan darah, indikasi penggunaan obat-obatan, alkohol dan lain sebagainya.

Pemeriksaan ini sebagai upaya menciptakan rasa aman bagi pemudik. Apalagi, kepadatan lalu lintas tahun ini diprediksi meningkat dari tahun sebelumnya.

Lanjutnya, setiap kabuaten/kota wajib ada minimal satu pos, dan setiap puskesmas dalam perjalanan harus siap menampung pasien.

“Karena puskesmas bukan melayani atau memeriksa saja tapi harus bisa kegawatdaruratan. Kami sudah rapat, dengan Polda Sulsel kabupaten/kota, dan itu sudah SOP,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menuturkan, keamanan saat mudik menjadi tugas serta kewenangan pemerintah. Oleh karena itu, Pemprov Sulsel menghadirkan pemeriksaan kesehatan itu.

“Koordinasi Pemprov Sulsel, kepolisian dan lain sebagainya harus dilakukan demi melancarkan perjalanan masyarakat yang akan melaksanakan Idul Fitri di kampung halaman,” tutupnya. (***)


div>