SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Dinkes Makassar Tingkatkan Pelayanan di Puskesmas Untuk Pemberian Akreditasi

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 06 April 2017 21:08
Dinkes Makassar Tingkatkan Pelayanan di Puskesmas Untuk Pemberian Akreditasi

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat di kota Makassar. Dinas kesehatan (Dinkes) melakukan berbagai upaya peningkatan mutu pengembangan sistem manajemen yang berkesinambungan di seluruh Puskesmas lingkup Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menuturkan untuk menjamin bahwa upaya perbaikan mutu dan peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi.

“Unsur yang dinilai dalam pelaksanaan akreditasi Puskesmas meliputi, administrasi dan manajemen Puskesmas, penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, dan penyelenggaraan upaya kesehatan perseorangan,” tuturnya usai membuka Sosialisasi Akreditasi Puskesmas di Hotel Asyira Makassar Kamis,  (6/4/2017).

Dia menambahkan, saat ini puskesmas yang tersebar di 15 Kecamatan lingkup Makassar sebanyak 40 lebih. Oleh sebab itu secara bertahap akan dilakukan sosialisasi untuk dilakukan persiapan akreditasi oleh Kementrian kesehatan RI.

“Saat ini untuk tahap awal, Dinas Kesehatan Kota Makassar akan mengakreditasi 25 Puskesmas yang ada di Makassar,” terangnya.

Mempersiapkan puskesmas dalam pelaksanaan akreditasi perlu di fasilitasi melalui proses pendampingan oleh tim pendamping Akreditasi Kota yang terlatih.

“Tentu kami ingin, mutu pelayanan di Puskesmas lebih baik lagi, peningkatan kinerja,  termasuk keamanan tenaga kesehatan,” pungkasnya.


div>