RABU , 25 APRIL 2018

Dinkes Sinjai Gelar Pelatihan Peningkatan Program TB

Reporter:

Syamsuddin

Editor:

asharabdullah

Selasa , 10 April 2018 18:00
Dinkes Sinjai Gelar Pelatihan Peningkatan Program TB

Suasana pelatihan peningkatan kapasitas pengelola program TBC untuk pengendalian TB Resisten Obat di Aula Hotel Rofina Sinjai, Selasa (10/04/2018).Foto: Syamsuddin/RakyatSulsel

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten sinjai menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengelola program TBC untuk pengendalian TB Resisten Obat di Aula Hotel Rofina Sinjai, Selasa (10/04/2018).

Adapun peserta pada kegiatan ini sebanyak 34 orang terdiri dari Dokter dan plPengelola Program dari Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) dan menghadirkan narasumber dari pengelola TB Provinsi Sulsel.

Sekertaris Dinkes Sinjai, Irwan Suaib dalam sambutannya mengharapkan melalui kegiatan ini seluruh peserta bisa lebih memaksimalkan pelayanan ke masyarakat terutama kepada penderita TB.

Dia menjelaskan, Tuberkulosois Resisten Obat itu adalah penyakit TB yang disebabkan mycobacterium tuberculosis yang sudah mengalami kekebalan terhadap Obat Anti TB (OAT). Artinya, obat tersebut tak lagi dapat membunuh kuman penyebab penyakitnya. Mengapa ini bisa terjadi? Ceritanya begini, TB resisten bisa terjadi akibat pengobatan TB yang tidak tepat atau tidak standar.

“Misalnya akibat pasien tidak meminum obat dengan disiplin atau menghentikan pengobatan sebelum saatnya. Bisa pula akibat petugas kesehatan memberikan obat kurang tepat, misalnya paduannya, dosis dan lama pengobatan,” jalasnya. (*)


div>