KAMIS , 22 FEBRUARI 2018

Dinsos Makassar Salurkan KIS Bagi Psikotik

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 09 Februari 2018 13:55
Dinsos Makassar Salurkan KIS Bagi Psikotik

Staf Dinas Sosial melakukan Verifikasi Kartu sebelum dibagikan ke Pasien Psikotik, Jumat (9/2). Foto: Armansyah/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Sosial (Dinsos) melakukan penyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Umum Dadi, Jalan Lanto daeng Pasewang, Jumat (10/2).

Hal tersebut terkait gelandangan Psikotik yang terjaring guna mendapatkan kartu KIS yang sebelumnya bekerja sama dengan Dinas Catatan Sipil dalam pembuatan hal tersebut.

“Hari ini melalui Dinas Sosial menyalurkan 188 keping kartu KIS yang kemudian di pergunakan untuk perawatan mereka dalam hal ini melalui BPJS Kesehatan,” Kata Kepala Dinsos Makassar, Mukhtar Tahir.

Dia menambahkan, ini salah satu wujud perhatian Pemkot Makassar terkait gelandangan psikotik yang terjaring selama ini.

“Ini susulan dan program berkelanjutan, psikotik yang yang terjaring ini terkadang tak mempunyai keluarganya, olehnya itu kita membuat KIS untuk mereka sehingga pembiayan pengobatan mereka di tanggung pemerintah,” kata Mukhtar.

Sekedar diketahui, Psikotik adalah suatu kelainan jiwa yang masih dapat disembuhkan. Namun, pasien yang mengalami psikotik harus menjalani pengobatan dan psikoterapi (terapi kejiwaan) yang cukup lama, sehingga betul-betul sembuh secara klinis.

Meskipun secara medis gangguan jiwa jenis ini tidak dapat disembuhkan seratus persen, namun dengan kesabaran dan ketelatenan pasien, dokter dan keluarga, penderita psikotik dapat hidup normal seperti layaknya manusia lain. (*)


div>