RABU , 19 DESEMBER 2018

Dinsos Sulsel Santuni Korban KM Arista

Reporter:

Lukman

Editor:

Senin , 16 Juli 2018 20:00
Dinsos Sulsel Santuni Korban KM Arista

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling, saat menyerahkan bantuan kepada ahli waris korban KM Arista.

MAKASSAR RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 12 orang ahli waris dari 18 korban meninggal kapal tenggelam (KM Arista), yang karam di Selat Makassar (13/6) silam, menerima santunan kematian dari Kementerian Sosial RI. Penyerahan santunan dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (16/7).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling menjelaskan, santunan kematian ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial RI. Sedianya, Menteri Sosial RI Idrus Marham akan menyerahkan langsung bantuan ini.

“Namun, karena ada tugas lain yang harus dilaksanakan, beliau meminta kepada Dinas Sosial Provinsi untuk menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat,” jelas Ilham.

Pada kesempatan ini, Ilham juga menyampaikan duka mendalam dari Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono. “Pak Gubernur berpesan, agar seluruh keluarga agar senantiasa diberi kesabaran dalam menghadapi cobaan ini,” ungkap Ilham.

Ilham mengungkapkan, pemberian bantuan ini merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yang mengalami permasalahan. “Jangan dilihat berapa jumlah yang diberikan, tetapi bagaimana pemerintah memberi respon terhadap kejadian bencana yang telah menimpa masyarakat,” katanya.

Menurut Ilham, bencana merupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari. Namun, dengan kehati-hatian, resiko bencana dapat dikurangi.

KM Arista yang tenggelam dalam pelayaran dari Pelabuhan Paotere menuju Pulau Barrang Lompo, menyebabkan 17 orang penumpangnya meninggal dunia dan 1 orang belum ditemukan hingga saat ini.

Pada kesempatan ini, selain korban KM Arista, sejumlah korban bencana sosial di sejumlah kabupaten di Sulsel juga menerima bantuan yang sama. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp345 juta, dimana setiap korban menerima Rp15 juta. (*)


div>