SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Dinsos Sulsel Sosialisasi Prosedur UGB dan PUB

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 10 Juli 2018 12:26
Dinsos Sulsel Sosialisasi Prosedur UGB dan PUB

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL. COM – Maraknya kegiatan undian berhadiah di Sulawesi Selatan, menjadi perhatian tersendiri bagi Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Pasalnya, tidak sedikit pelaksanaan undian berhadiah yang dilakukan oleh pihak swasta tidak mengikuti prosedur yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial, Selasa (10/7/2018) di Hotel Ramedo Makassar.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan ada kesamaan persepsi terkait prosedur yang harus ditempuh dalam pelaksanaan kegiatan Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB), baik oleh pihak penyelenggara ataupun bagi masyarakat umum.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling menyebutkan, dalam penanganan permasalahan sosial pemerintah membutuhkan sumber pendanaan. Salah satunya melalui pengumpulan dana dari pelaksanaan kegiatan UGB dan PUB.

“Oleh karena itu, sudah seharusnya pelaksana UGB atau PUB harus meminta izin terlebih dulu kepada Kementerian Sosial, dalam hal ini melalui Dinas Sosial Provinsi,” katanya.

Untuk itu, lanjut Ilham, hal ini perlu disosialisasikan kepada penyelenggara undian termasuk kepada masyarakat. “Sehingga, seluruh lapisan bisa memahami seperti apa prosedur perizinan UGB dan PUB,” katanya.

Menurut Ilham, dengan adanya sosialisasi ini, juga bisa menghindarkan masyarakat dari kemungkinan adanya penipuan. Karena, melalui sosialisasi ini, masyarakat menjadi tahu bahwa ada mekanisme yang harus ditempuh untuk pelaksanaan undian.

“Jadi, penting untuk melihat izinnya, apakah sudah ada? Kalau belum tentu itu menjadi pertanyaan dan bisa dilaporkan kepada kami selaku pihak yang menangani perizinan UGB dan PUB ini,” jelasnya. (*)


Tag
div>