SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Disdik MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan, Guru Honorer Kini Dijamin BPJS

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Senin , 29 Oktober 2018 09:00
Disdik MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan, Guru Honorer Kini Dijamin BPJS

Kapala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Irman Yasin Limpo, dan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Sudirman Simamora melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Guru Honor Di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Di Celebes Convention Center (CCC), Sabtu, (27/10).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Irman Yasin Limpo, dan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Sudirman Simamora melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Guru Honor di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Di Celebes Convention Center (CCC), Sabtu, (27/10).

“Ini rencana awal kita, lingkup Disdik dulu, karena mereka juga pekerja yang hak-nya bisa dijamin oleh pemerintah,” ujar Irman usai melakukan MoU di acara Festival Pelajar #3 gedung CCC Makassar.

MoU yang disaksikan langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah itu menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk meningkatkan jaminan sosial atas mutu para pekerja di lingkup Disdik.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Sudirman Simamora Mengatakan nota Kesepahaman ini dilaksanakan sebagai wujud dari implementasi Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Undang Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, serta Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial, dalam rangka memberikan perlindungan dasar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Meski belum ter-cover secara keseluruhan honorer di lingkup Pemerintah Provinsi, namun hal ini akan menjadi contoh bagi OPD lain,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sudirman, MoU ini juga merupakananjut dari Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Nomor: 048/XI/PEM-MOU/2017 dan Nomor: MOU/04/112017 tentang Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara (NON-ASN) di Provinsi Sulawesi Selatan.

“ini merupakan wujud implementasi UU No 40 tahun 2004 dan tindalanjut nota kesepahaman kami dengan Pemerintah Provinsi ditahun 2017 kemarin” paparnya.

Sudirman menambahkan, melalui kerjasama ini Disdik Sulsel juga akan mengikutsertakan Guru Honor di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dalam Program BPJS Ketenagakerjaan untuk 2 Program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan tarif iuran per Program sebesar 0,24 % untuk JKK dan 0,30 % untuk JKM dengan dasar Upah yang dilaporkan.

“Dengan adanya nota kesepahaman ini besar harapan kami seluruh guru honorer di provinsi sulawesi selatan dapat dilindungi,” tutup sudirman. (*)


Tag
div>